PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Nurfajriani Nurfajriani, Theo Jan Fery Haloho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran PDEODE lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran PDEODE (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model PDEODE sebesar (81,25 ± 6,22) lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional yaitu (76,56 ± 6,89). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t tangan kanan dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (2,86 > 1,670) terhadap hasil belajar siswa sehingga dalam penelitian ini hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H₂) diterima.

Keywords


hasil belajar; PDEODE; konvensional; laju reaksi

Full Text:

PDF

References


Dipalaya, T., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2016). The Effect Of Pdeode (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Learning Strategy In The Different Academic Abilities On Students’ Learning Outcomes In Senior High School Makassar. Research Report, (2).

Ernawati, E., Andriani, S., Farida, F., & Sri Anggoro, B. (2019). Analisis Miskonsepsi Matematis: Dampak Strategi Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 259–269. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4862.

Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. Proseding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Univeristas Negeri Gorontalo, 68-74.

Kusnadi, K., Hamdiyati, Y., & Azkya, A. (2018). Penerapan Model Belajar Pdeode (Predict-Discuss-Explainobserve-Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184

Nurfajriani, N., & Chairani, R. (2023). Implementasi E-Modul Berbasis Creative Problem Solving pada Materi Ikatan Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 23-31.

Nurfajriani, & Samuel.(2022). Implementasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit SMA Kelas X. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan,13(1),1-11.

Pamularsih, B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Termokimia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 70–77.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rahman, G., Nurfajriani, N., & Jahroh, I. S. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Memotivasi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Kimia (pp. 67-72).

Rumahorbo, S., & Nurfajriani, N. (2022). Pengembangan media e-learning berbasis weblog dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi laju reaksi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(04), 615-624.

Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).

Siregar, W. L. R. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (Pdeode) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Pemahaman Konseptual Materi Buffer. SEMIRATA 2015.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Wulandari, R. R., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PDEODE terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E- Journal,) (Vol. 4, pp. SNF2015-1).

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(1), 42-47.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Theo Jan Fery Haloho, Nurfajriani Nurfajriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License