PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dipalaya, T., Susilo, H., & Corebima, A. D. (2016). The Effect Of Pdeode (Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain) Learning Strategy In The Different Academic Abilities On Students’ Learning Outcomes In Senior High School Makassar. Research Report, (2).
Ernawati, E., Andriani, S., Farida, F., & Sri Anggoro, B. (2019). Analisis Miskonsepsi Matematis: Dampak Strategi Pembelajaran Predict Discuss Explain Observe Discuss Explain. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 259–269. https://doi.org/10.24042/djm.v2i3.4862.
Hasim, E. (2020). Penerapan kurikulum merdeka belajar perguruan tinggi di masa pandemi covid-19. Proseding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Univeristas Negeri Gorontalo, 68-74.
Kusnadi, K., Hamdiyati, Y., & Azkya, A. (2018). Penerapan Model Belajar Pdeode (Predict-Discuss-Explainobserve-Discuss-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 1–5. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3184
Nurfajriani, N., & Chairani, R. (2023). Implementasi E-Modul Berbasis Creative Problem Solving pada Materi Ikatan Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 23-31.
Nurfajriani, & Samuel.(2022). Implementasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit SMA Kelas X. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan,13(1),1-11.
Pamularsih, B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Termokimia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 70–77.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.
Rahman, G., Nurfajriani, N., & Jahroh, I. S. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Android Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Memotivasi Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Kimia (pp. 67-72).
Rumahorbo, S., & Nurfajriani, N. (2022). Pengembangan media e-learning berbasis weblog dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi laju reaksi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(04), 615-624.
Sholihah, A., & Kurniawan, R. Y. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).
Siregar, W. L. R. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Predict-Discuss-Explain-Observe-Discuss-Explain (Pdeode) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Pemahaman Konseptual Materi Buffer. SEMIRATA 2015.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Wulandari, R. R., Siswoyo, S., & Bakri, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran PDEODE terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E- Journal,) (Vol. 4, pp. SNF2015-1).
Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(1), 42-47.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Theo Jan Fery Haloho, Nurfajriani Nurfajriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id