EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAead, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Addaini, A., & Alvina, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(1), 16. https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2536
Fauziah. (2021). Studi Perbandingan Pengajaran Reaksi Reduksi Oksidasi Antara Cara Perubahan Bilangan Oksidasi dengan Cara Setengah Reaksi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 353–357. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1330
Fitriani, H. (2021). Efektifitas Problem Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(1), 24. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3890
Fitriani, H., & Rahmi, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Bilangan Kuantum. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(2), 1–189.
Fuziani, I., Istianti, T., & Arifin, M. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran RADEC dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Keberagaman Budaya di SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8319–8326.
Halim, A. (2022). Pengaruh Model Read Answer Discussion Explain and Create (RADEC) pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Dimoderasi Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(1), 121–129.
Harahap, Z. N., Azmi, N., Wariono, W., & Nasution, F. (2023). Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 9258–9269. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1732
Hasibuan, M. P., Sari, R. P., & Setiawaty, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembentukan Habits of Mind Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2), 119–129. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14415
Hatimah, H., & Khery, Y. (2021). Pemahaman Konsep dan Literasi Sains dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 2021. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim
Isbandiyah, I., Sarkowi, S., & Rohana, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.31539/kaganga.v3i1.1078
Iwanda, C. N. S., Malika, H. N., & Aqshadigrama, M. (2022). RADEC sebagai Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pascapandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 430–440.
Kusumawati, E. (2023). Efektivitas Kerja Guru. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487–1492. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1578
Mahmud, B., & Hamzah. (2020). Pembelajaran Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah. Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 23–36.
Mubarok, A. R., Sumarni, W., & Wisnu Sunarto. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Produk Coco Leaf Craft Art terhadap Pemahaman Konsep Redoks Siswa Kelas X. Chemistry in Education, 1(2252), 133–139.
Nurpratiwi, A., Hamdu, G., & Sianturi, R. (2023). Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5956–5962. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2670
Pohan, A. A., Abidin, Y., Sastromiharjo, A., & Indonesia, U. P. (2019). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riska Bahasa XI, 496.
Rahmawati, R., Hazirah, A., Rahmawati, D., Jatiningtyas, R., Larassati, E., Restiana Sukardi, R., & Yuniarti, Y. (2023). Persepsi Guru terkait Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. Teaching, Learning and Development, 1(1), 43–53. https://telad.id/index.php/telad/article/view/8/3
Rahmi, A., Fitriani, H., & Mauliani, N. (2021). Studi Komparatif Inkuiri Terbimbing Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Kognitif Peserta Didik. 7–11.
Rohaeni, R., Sodikin, C., & Anggraeni, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (Radec) Berbantuan Video Animasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA) , 7(02), 146–156. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa
Setyawan, J., Roshayanti, F., & Novita, M. (2023). Model Pembelajaran RADEC Berbasis STEAM pada Materi Sistem Koloid Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(April), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.29 Model
Yulianti, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Model Elt Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal TEDC, 15(2), 193–201. http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/491
Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9263
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ayu Rahmi
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id