EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWAead, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Rosdalina Rosdalina, Ayu Rahmi, Henni Fitriani

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode desain quasi eksperimen, menggunakan desain single group interupted time-series design. Dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di MAN Kota Lhokseumawe, populasi penelitian berjumlah 140 siswa kelas XII MIA. Sampel sebanyak 23 siswa terpilih sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran RADEC, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar kognitif, dengan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi oleh ahli dan diuji secara empiris. Teknik analisis data meliputi uji normalitas dengan uji Shapiro-Wilk, uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon, dan perhitungan nilai N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC efektif meningkatkan hasil belajar siswa secara kognitif siswa MAN Kota Lhokseumawe pada materi reaksi redoks.

Keywords


RADEC; learning outcomes; redox reactions

Full Text:

PDF

References


Addaini, A., & Alvina, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 3(1), 16. https://doi.org/10.29103/relativitas.v3i1.2536

Fauziah. (2021). Studi Perbandingan Pengajaran Reaksi Reduksi Oksidasi Antara Cara Perubahan Bilangan Oksidasi dengan Cara Setengah Reaksi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 353–357. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1330

Fitriani, H. (2021). Efektifitas Problem Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(1), 24. https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3890

Fitriani, H., & Rahmi, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Materi Bilangan Kuantum. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(2), 1–189.

Fuziani, I., Istianti, T., & Arifin, M. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran RADEC dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Keberagaman Budaya di SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8319–8326.

Halim, A. (2022). Pengaruh Model Read Answer Discussion Explain and Create (RADEC) pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Dimoderasi Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(1), 121–129.

Harahap, Z. N., Azmi, N., Wariono, W., & Nasution, F. (2023). Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 9258–9269. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1732

Hasibuan, M. P., Sari, R. P., & Setiawaty, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Pembentukan Habits of Mind Siswa. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(2), 119–129. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i2.14415

Hatimah, H., & Khery, Y. (2021). Pemahaman Konsep dan Literasi Sains dalam Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 8(1), 2021. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim

Isbandiyah, I., Sarkowi, S., & Rohana, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 3(1), 11–17. https://doi.org/10.31539/kaganga.v3i1.1078

Iwanda, C. N. S., Malika, H. N., & Aqshadigrama, M. (2022). RADEC sebagai Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pascapandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(24), 430–440.

Kusumawati, E. (2023). Efektivitas Kerja Guru. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1487–1492. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1578

Mahmud, B., & Hamzah. (2020). Pembelajaran Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab Tingkat Menengah. Jurnal Bahasa Arab & Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 23–36.

Mubarok, A. R., Sumarni, W., & Wisnu Sunarto. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Produk Coco Leaf Craft Art terhadap Pemahaman Konsep Redoks Siswa Kelas X. Chemistry in Education, 1(2252), 133–139.

Nurpratiwi, A., Hamdu, G., & Sianturi, R. (2023). Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Read-Answer-Discuss-Explain-And-Create (RADEC). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5956–5962. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2670

Pohan, A. A., Abidin, Y., Sastromiharjo, A., & Indonesia, U. P. (2019). Model Pembelajaran RADEC dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa. Seminar Internasional Riska Bahasa XI, 496.

Rahmawati, R., Hazirah, A., Rahmawati, D., Jatiningtyas, R., Larassati, E., Restiana Sukardi, R., & Yuniarti, Y. (2023). Persepsi Guru terkait Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar. Teaching, Learning and Development, 1(1), 43–53. https://telad.id/index.php/telad/article/view/8/3

Rahmi, A., Fitriani, H., & Mauliani, N. (2021). Studi Komparatif Inkuiri Terbimbing Dan Discovery Learning Terhadap Hasil Kognitif Peserta Didik. 7–11.

Rohaeni, R., Sodikin, C., & Anggraeni, P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Answer, Discuss, Explain, and Create (Radec) Berbantuan Video Animasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA) , 7(02), 146–156. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa

Setyawan, J., Roshayanti, F., & Novita, M. (2023). Model Pembelajaran RADEC Berbasis STEAM pada Materi Sistem Koloid Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(April), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.58362/hafecspost.v2i1.29 Model

Yulianti, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Model Elt Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal TEDC, 15(2), 193–201. http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/491

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran RADEC Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Rahmi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License