MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TATA SURYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS VI SD NEGERI 064954 MEDAN AMPLAS T.A 2015/2016

Ani Simanjuntak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya dengan menggunakan model pendekatan Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) atau CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan dan refleksi. Melalui pendekatan CTL didapatkan data bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif kompetensi Tata Surya, yakni: 1) Rata-rata nilai pada saat pretes sebesar 48,06 meningkat menjadi 69,35 pada siklus I dan meningkat menjadi 79,68 pada siklus II; 2) Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar 61,29% dengan tingkat ketercapaian tes hasil belajar sebesar 60% yang berarti secara keseluruhan siswa belum mencapai standar minimal ketuntasan belasajar dan hasil tes pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa sebesar 93,55% dengan tingkat ketercapaian tes hasil belajar mencapai 90% atau dengan kata lain setelah dilakukan siklus II siswa secara keseluruhan sudah mencapai standar ketuntasan belajar di atas 70%. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL memiliki keunggalan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Tata Surya di kelas VI SD Negeri 064954 Medan Amplas TA 2015/2016.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Depdiknas.

Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nana Sudjana. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiharto.http://one.indoskripsi2007/08/07.com/. Diakses 05 Oktober 2008.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sumaji, dkk. 1998. Pendidikan Sains yang Humanitis. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.