PERBAIKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA KOMPETENSI DASAR PERUBAHAN SIFAT BENDA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 066650 MEDAN KOTA T.A. 2014/2015

Dermawan Simanjuntak

Abstract


Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 20 soal dan lembar format observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebelum diberikan tindakan dari hasil pretes diperoleh rata-rata pengetahuan awal siswa tentang materi perubahan sifat benda sebesar 18,3 dan tidak seorangpun atau 0% siswa yang dinyatakan tuntas belajar. Setelah dilakukan siklus I dari hasil postes rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi sebesar 64,2 dengan jumlah siswa yang telah tuntas belajar sebanyak 22 orang atau sebesar 73,3%. Secara klasikal siswa masih belum berhasil mencapai ketuntasan belajar. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus II dari hasil postes siklus II rata-rata hasil belajar siswa pada materi perubahan sifat benda meningkat menjadi sebesar 78,3 dengan jumlah siswa yang tuntas dalam belajar sebanyak 28 orang atau 93,3%. Maka secara klasikal siswa dinyatakan telah berhasil mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian disimpulkan bahwa bahwa penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok perubahan sifat benda di kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota T.A. 2014/2015.

Kata Kunci: Perbaikan Belajar, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, S.B., dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhar, M. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik Sampai Konstuktivistik: Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning), Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran, Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar, Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, H.B. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.