UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DI KELAS XI IPA 1 DI SMA NEGERI 1 KUBUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan penggunaan LKPD model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 bertempat di SMA N 1 Kubung. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan dijelaskan kembali dengan kata. Jenis dari penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket aktivitas peserta didik dan hasil prestasi belajar dalam bentuk tes uraian. Berdasarkan hasil analisis data terdapat beberapa peningkatan dari data awal terdapat beberapa peserta didik mendapat nilai di bawah KKM pada siklus I menurun menjadi 6 peserta didik dan siklus II hanya 8 orang peserta didik. Dari rata-rata awal. 71,5 naik menjadi 78,3 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 80,6. Kemudian dari segi ketuntasan belajar yang semula hanya 16 orang sedangkan pada siklus I menjadi lebih banyak yaitu 24 peserta didik dan pada siklus II menjadi cukup banyak yaitu 26 peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmansyah. 2009. PTK Pedoman Praktis Bagi Guru dan Dosen. Padang : Sukabina Press
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004, Mata Pelajaran Fisika SMA. Jakarta.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Fisika. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdinas. 2006. Model Penilaian Kelas Berbasis Kompetensi SMA/MA. Jakarta : BSNP Depdiknas
Depdiknas. 2008. a. Perangkat Pembelajaran KTSP SMA. Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2008. b. Perangkat Penilaian KTSP SMA. Jakarta : Depdiknas
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Depdiknas. 2009. Bimtek KTSP. Jakarta. 2009
Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
Nana, Sudjana 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta didik. Skripsi. Medan : FT. UNIMED.
Trianto,MPd. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP). Jakarta : Bumi Aksara.
Winata Putra dan Rosita.1997. Konsep dan Makna Pembelajaran. Jakarta : Alfabeta
Wina Sanjaya, Dr. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Program Studi Pendidikan Fisika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Sumatera Utara
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.