PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS FISIKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 MANDAILING NATAL

Ainun Mardiyah Lubis, Aslamiyah Rambe

Abstract


Pendidikan memiliki peranan penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Melalui proses belajar, pribadi peserta didik dapat senantiasa mengalami perkembangan dan perubahan ke arah yang lebih maju yakni memiliki potensi diri yang unggul dalam ilmu pengetahuan, sosial, moral maupun ilmu lainnya. Salah satu tantangan pada abad 21 dalam dunia pendidikan adalah membangun masyarakat berpengetahuan yang memiliki keterampilan terhadap media dan ICT (Information and Communication Technology) atau Teknologi Informasi dan Komunikasi . Seiring dengan tantangan tersebut, dimana guru dituntut untuk dapat memfaaatkan TIK. Hal ini sesuai dengan kurikulum 13 yang menjadikan Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) sebagai media pembelajaran atau  sarana pada semua mata pelajaran dimana tekniologi komputer diintegrasikan dalam setiap mata pelajaran diantaranya adalah penggunaan modul elketronik (e- modul). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan  modul elektronik pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah  penelitian  pengembangan (research and development).  Model pengembangan  yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis siswa. Tahap design dilakukan perancangan terhadap modul pembelajaran . Tahap development dilakukan uji validitas melalui lembar validasi modul  pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan siswa, uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan. Tahap dessiminate dilakukan penyebaran modul. Hasil penelitian pada tahap define dengan hasil sangat baik, analisis materi diperoleh fakta, konsep, prinsip dan prosedur dari  materi alat optik. Hasil penelitian pada tahap design diperoleh modul elektronik, yang dirancang berbasis literasi sains Fisika. Hasil penelitian pada tahap development  pada  uji validitas  diperoleh data  persentase modul adalah 88,7%,. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP persentasenya adalah 88,95%, angket respon guru adalah 85,8%  dan angket respon siswa adalah 86 %. Selanjutnya hasil uji efektivitas didukung oleh penilaian pengetahuan dengan rata-rata 89,5.

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran (hal. 35). Bandung: Alfabeta.

Chodijah, S., Fauzi, A., dan Ratnawulan, R. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inkuiry Yang Dilengkapi Penilaian Portopolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1.

Daryanto. 2010. Belajar dan mengajar. Bandung: Yrama Widya

Fatik, Z. 2012. Pengembangan Perangkat Pebelajaran Fisika Dengan Lab virtual PhET Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Di Sman1 Kutorejo. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1.

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Janurlia Haryanti. 2020 DESAIN DAN UJI COBA E-HANDOUT BERBASIS LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Kurniasih, I. & Berlin, S. (2014). Panduan membuat bahan ajar buku teks pelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Mahyuddin dkk (2007) Prinsip Literasi Sains pada Pembelajaran : Bumi aksara

M. Aji Fatkhurrohman dan Retna Kusuma Astuti (2017) Pengembangan Modul Fisika Dasar I Berbasis Literasi Sains

Muhammad Irham (2013) Psikologi Pendidikan ; Teori dan Aplikasi Dalam Proses Pembelajaran

Nurmayanti, dkk. (2015). Pengembangan modul elektronik fisika dengan strategi Inkuiri Terbimbing

Nurohman, S. (2011). Pengembangan modul elektronik berbahasa inggris menggunakan ADDIE-MODEL sebagai alat bantu pembelajaran berbasis android

Reny Kristyowati, Agung Purwanto (2019) Pembelajaran Literasi Sain Melalui Pemanfaatan Lingkungan.

Rika Nikesari (2018) PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS UNTUK KELAS X SMA

Rizan Dwi Atmaji, Ika Maryani (2018 ) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI SAINS MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V SD

Sanjaya (20130 Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Berbantuan Modul Multimedia Pada Mata Pelajaran IPA SMP.

Sugianto (2013) Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Modul elektronik Terhadap Motivasi Belajar di SMAN 8 Pekanbaru

Sugiono dkk (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP

Toharudin (2011) Analisis Kemampuan Literasi Sains di Kelas V SD

Trianto (2015) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Materi Gerak Berbasis Inkuiri




DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v6i1.5833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.