MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DIGITAL NATIVES

Lina Idamatus Saadiyah, Ani Anjarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kreativitas peserta didik setelah implementasimodel pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dikombinasikan dengan Augmented Reality (AR). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Bulusan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan statistik deskriptif dimana data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode statistik dan hasilnya dideskripsikan kembali. Jenis dari penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi kreativitas siswa dan hasil prestasi belajar dalam bentuk hasil pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil analisis datamenunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar kreativitas peserta didik dimana terdapat 6 peserta didik mendapat nilai di bawah KKM pada siklus I (fase 1) saat mengerjakan pre-test kemudian di siklus II (fase 2) hanya  terdapat 2 peserta didik mendapat nilai di bawah KKM pada saat mengerjakan post-test. Rata-rata awal yang semula pada fase 1 32,25 menjadi 61pada fase 2. 


Full Text:

PDF

References


Erisa, H., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model project based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 12 (1), 1-11

Daga, A. T. (2021). Makna merdeka belajar dan penguatan peran guru di sekolah dasar. Jurnal Educatio, 7 (3), 1075-1090.

Nurhidayati, A., Rusdinal., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5 (1), 327-333.

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran project-based learning berbasis pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7 (1), 209-220.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas iii sd negeri sidorejo lor 01 salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6 (1), 41-54.

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). Pjbl untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa : sebuah kajian deskriptif tentang peran model pembelajaran pjbl dalam meningkatkan. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 2 (1), 1–11.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project based learning. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1879-1887.

Supandi, A., Sharazad, S., Wibowo, A. N., & Widyarto, S. (2020). Analisis kompetensi guru: pembelajaran revolusi industri 4.0. Prosiding samasta, Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia, Juni 2020. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Ahdan, S., Priandika, A. T., Andhika, F., & Amalia, F. S. (2020). Perancangan media pembelajaran teknik dasar bola voli mengunakan teknologi augmented reality berbasis android. Jurnal Kelitbangan, 8 (3), 221-235.

Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3 (4), 1082–1092.

Lydiati, I. (2019). Peningkatan kreativitas peserta didik pada materi statistika melalui model pembelajaran PjBL-STEM kelas xii mipa 6 sma negeri 7 yogyakarta. Jurnal Ideguru, 4 (2), 51–60.

Yani, L. I., & Taufik, T. (2020). Penerapan model project based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas v sekolah dasar (studi literatur). E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8 (9), 70–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.