ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SMP ATMA WIDYA SURABAYA MENGGUNAKAN METODE ASESMEN KEMAMPUAN MINIMUM (AKM)

Ivan Alamsyah, Didi Samanhudi

Abstract


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah menetapkan standar nasional pendidikan yang memuat kriteria minimal mengenai komponen pendidikan memungkinkan setiap jenjang dan jalur pendidikan. Keberhasilan pendidikan akan terlihat jika alat ukur evaluasi digunakan tepat dan dapat mengukur setiap tujuan. Evaluasi pendidikan merupakan salah satu komponen utama yang tidak dapat dipisahkan dari kompo-nen-komponen tersebut pendidikan. AKM adalah suatu sistem asesmen dengan mempertim-bangkan kemampuan dasar yang dikuasai oleh siswa terutama yang terkait kemampuan Literasi, Numerasi dan Survei Karakter. AKM digunakan bertujuan untuk menakar pengetahuan kemam-puan siswa yang mana prospek yang ditakar adalah kecakapan literasi membaca serta literasi numerasi. AKM dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pretes dan postes. Pada pretes hasil nilai para siswa-siswi SMP Atma Widya Surabaya berada dibawah rata-rata sehingga tidak memen-uhi nilai standar dan kemampuan para siswa dianggap kurang. Inovasi yang diberikan yaitu melakukan pembiasaan baca buku “Satu Minggu Satu Buku”, program pojok baca, metode pem-belajaran yang menyenangkan dengan rumah perkalian dan monopoli modifikasi.Setelah postes dilaksanakan dapat terlihat bahwa terjadi peningkatan nilai yang cukup signifikan pada siswa. Hal ini menandakan bahwa pada beberapa program inovasi yang dijalankan cukup berhasil dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa-siswi SMP Atma Widya Surabaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.