PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK (E-BOOK) PRAKARYA ELEKTRONIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ABAD 21 TERINTEGRASI KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA

Yaspin Yolanda

Abstract


This research started with the absence of E-Books that facilitate students in improving their creative thinking skills, the low cognitive understanding of students about relay components, infrared sensors and Arduino Uno need to be taught to students as new knowledge in the development of robotic-based technology, as well as students' weak skills in make electronics. This study aims to describe students' creative thinking skills. The research subjects were physics education students at PGRI Silampari University, from August 2022 to. January 2023. Kemp's model is used in this research and development. Diagnostic instruments in the form of tests and non-tests. Analysis using descriptive. The results of the study show that this E-Book is valid and practical so that it can facilitate students to work on electronics projects using relay modules, infrared sensors and Arduino Uno modules in assessing creative thinking skills with an average achievement of creative thinking skills of 58.9% of developing students. as expected, 15.6% developed and 13.3% started to develop and 12.2% did not develop.


Full Text:

PDF

References


Agustin, S. (2022). Pengembangan Teknik Ligapo untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Inklusi pada Pembelajaran Tematik Kelas VI SD Negeri Sudirman Kecamatan Ambarawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(March), 43–52.

Akyuz, H. I., & Samsa, S. (2009). Critical thinking skills of preservice teachers in the blended learning environment *. International Journal Of Human Sciences, 6(2), 538–550.

Alamsyah, N., Rahmani, H. F., & Yeni. (2022). Lampu Otomatis Menggunakan Sensor Cahaya Berbasis Arduino Uno dengan Alat Sensor LDR. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 703–712. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1444

Anggraeni, A., Supriana, E., & Hidayat, A. (2019). Pengaruh Blended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 758–763.

Choirun, N., & Anggana, A. Y. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ict Menggunakan Multisim10 Simulations Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 311–317.

Destalia, L., & Suratno. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Pancaran, 3(4), 213–224. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/1003

Erpidawati, E., & Putri, S. A. (2022). Penerapan Model SAVI (Somatic, Audiotory, Visualition, Intellectual) dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Prodi Administasi Rumah Sakit. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 795–802. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1875

Fauziah, R., Abdullah, A. G., & Hakim, D. L. (2017). Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2), 165–178. https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4878

Ferryana, I. G., Ratnaya, I. G., & Nyoman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 9(2), 123–132.

Fitriyanto, F., Nurhayati, S., & Saptorini. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Larutan Penyangga Dan Hidrolisis. Chemistry in Education 1, 1(1), 40–44.

Hansi Effendi, Y. H. (2016). PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING INTERAKTIF DENGAN PROSEDUR BORG AND GALL. International Seminar on Education (ISE) 2, 62–70.

Hardani, Nur, H. A., Helmina, A., & Jumari. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Helaluddin, Tulak, H., & N, S. V. (2020). Penelitian dan Pengembangan (1st ed.). Media Madani Serang Banten.

Hidayat, S. R., Setyadin, A. H., Hermawan, H., Kaniawati, I., Suhendi, E., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2017). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 157–166. https://doi.org/10.21009/1.03206

Hidayat, Z., Sarmi, R. S., & Ratnawulan, R. (2020). Efektivitas Buku Siswa IPA Terpadu dengan Tema Energi dalam Kehidupan berbasis Materi Lokal Menggunakan Model Integrated untuk Meningkatkan Kecakapan Abad 21. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 49. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/415

Husnul, N. R. I., & Nurullah, M. (2021). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Blended Learning Menggunakan Kemampuan Berpikir mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 26–40.

Hutagalung, S. N. (2018). PEMBELAJARAN FISIKA DASAR DAN ELEKTRONIKA DASAR MENGGUNAKAN APLIKASI MATLAB METODE SIMULINK. Journal of Science and Social Research, 1(1), 30–35.

Kurniawan, F. (2022). Rancang Bangun Keamanan Rel Kereta Api Berbasis Arduino Dengan Sensor Infrared. Portaldata.Org, 2(3), 1–12.

Lestari, S. (2021). Pengembangan Orientasi Keterampilan Abad 21 pada Pembelajaran Fisika melalui Pembelajaran PjBL-STEAM Berbantuan Spectra-Plus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 272–279. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.243

M. D. Gall, Joyce P. Gall, W. R. B. (2014). Applying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice, Pearson eText with Loose-Leaf Version -- Access Card Package. 74.

Makiyah, Y. S., Mahmudah, I. R., Sulistyaningsih, D., & Susanti, E. (2021). Hubungan Keterampilan Komunikasi Abad 21 Dan Keterampilan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pendidikan Fisika. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.9412

Nasution, N., Jalinus, Ni., & Syahril. (2019). Buku Model Blended Learning (Cetakan 1). Penerbit Unilak Press.

Nurhaifa, I., Hamdu, G., & Suryana, Y. (2020). Rubrik Penilaian Kinerja pada Pembelajaran STEM Berbasis Keterampilan 4C. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 101–110.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Oktavianty, E., & Sudirman. (2016). KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 6(3), 279–287. https://doi.org/10.26418/jvip.v6i3.17561

Palennari, M., Lasmi, L., & Rachmawaty, R. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik: Studi Kasus di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 208–216. https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.208-216

Pradana, S. D. S., Parno, P., & Handayanto, S. K. (2017). Pengembangan tes kemampuan berpikir kritis pada materi Optik Geometri untuk mahasiswa Fisika. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 21(1), 51–64. https://doi.org/10.21831/pep.v21i1.13139

Purwanti, Sunarno, W., Sukarmin, & Ratnasari, N. (2022). Studi Literatur Pembelajaran Project Based Learning. Prosiding FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan Di Era Society 5.0, 148–162.

Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Rinaldi, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA AJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MICROSOFT VISUAL BASIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIS MAHASISWA (Adopsi Langkah Teori Pengembangan Borg & Gall). JURNAL E-DuMath, 4(1), 1. https://doi.org/10.26638/je.547.2064

Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 191–202. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21457

Rosyidah, I., & Rahayu, Y. S. (2022). BioEdu BioEdu. BIOEDu :Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(1), 49–59. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Rubhan Masykur, Nofrizal, M. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://www.researchgate.net/publication/322111512_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Matematika_dengan_Macromedia_Flash

Sari, M. (2016). BLENDED LEARNING, MODEL PEMBELAJARAN ABAD ke-21 DI PERGURUAN TINGGI. Ta’dib, 17(2), 126. https://doi.org/10.31958/jt.v17i2.267

Sumiatiningsih, & Efendi, N. (2021). The Student Problem Solving Skills in Science Subjects Based on Class Rankings. Academia Open, 5, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2240

Sunariati, R. (2022). Kolaboratif Apresiatif: Mengembangkan Kompetensi IT Guru Professional di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 106–117. https://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/view/294%0Ahttps://proceedings.ums.ac.id/index.php/matematika/article/download/294/293

Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11445

Syamtamam, Muhamad Haikal Anas, A. (2022). TEMPAT SAMPAH PINTAR BERBASIS ARDUINO DAN SENSOR ULTRASONIK DI SMKN 1 TIRTAJAYA ”. Jurnal Informatika Dan Tekonologi Komputer, 2(3), 304–312.

ULUM, A. M. (2022). Rancang Bangun Alat Pendorong Kotak Menggunakan Sensor Infrared Berbasis Programmable Logic Controller (Plc) Cp1E …. Jurnal Teknik Mesin, 11(1), 27–33. https://media.neliti.com/media/publications/492370-none-22328044.pdf

Utomo, L. A., Muslimin, M., & Darsikin, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Borg And Gall Materi Listrik Dinamis Kelas X SMA Negeri 1 Marawola. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 16. https://doi.org/10.22487/j25805924.2016.v4.i2.6053

Walter R. Borg, M. D. G. (2006). Educational research: An introduction 8th Edition (8th ed.). David McKay; 2nd edition.

Widoyoko, S. E. P. (2018). JPSE : Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Desain dan Produksi ... 35. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 4(1), 35–47. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jpse.v4i1.4891

Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNISMUS 2018, 6(1), 6–19. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/viewFile/4070/3782

Wulan, A. R., Isnaeni, A., & Solihat, R. (2019). Penggunaan Asesmen Elektronik Berbasis Edmodo Sebagai Assessment for Learning Keterampilan Abad 21. Indonesian Journal of Educational Assesment, 1(2), 1. https://doi.org/10.26499/ijea.v1i2.7

Yasa, G. A. A. S. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Online Mata Kuliah Micro Teaching dengan Model Borg & Gall pada Program S1 Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Agama Hindu Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 1(1), 1–16. https://www.neliti.com/publications/207120/pengembangan-bahan-ajar-online-mata-kuliah-micro-teaching-dengan-model-borg-gall

Yolanda, Y. (2020). Development of Contextual-Based Teaching Materials in The Course of Magnetic Electricity. THABIEA : JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 3(1), 59. https://doi.org/10.21043/thabiea.v3i1.6616

Yolanda, Y. (2021a). Pengembangan Modul Ajar Fisika Termodinamika berbasis Kontekstual. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(3), 80–95. https://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/12

Yolanda, Y. (2021b). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK GELOMBANG DAN CAHAYA BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN MODEL BLENDED LEARNING. Proceeding International Conference on Islamic Education. IAIN Kudus, 1(1), 43–64. http://proceeding.iainkudus.ac.id/index.php/ICIE/article/view/15

Yolanda, Y., & Imaduddin, M. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN BUKU AJAR FISIKA TERMODINAMIKA BERBASIS KONTEKSTUAL. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 7. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5190

Zain, A. R., & Jumadi. (2018). Effectiveness of guided inquiry based on blended learning in physics instruction to improve critical thinking skills of the senior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012015

Zakaria, H., Febiyanto, D., & Rosyani, P. (2022). Sistem Bilik Steril Dengan Perangkat Mist Maker Dan Arduino Uno Menggunakan Metode Sekuensial Linier. Technology and Science (BITS), 4(1), 263–269. https://doi.org/10.47065/bits.v4i1.1687

Zalsalina, R., Angin, P., Palupi, G., Rianingsih, D., & Purwanti, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.