EFEKTIVITAS ALAT PERAGA BERBASIS LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 11 MAROS

Radiah Radiah, Syamsuriana Basri, yusdarina yusdarina

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design yang bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran pemahaman konsep kacamata peserta didik kelas X di SMA Negeri 11 Maros, (2) Untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep kacamata peserta didik dengan menggunakan alat peraga berbasis lingkungan pada kelas X di SMA Negeri 11 Maros. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIPA 1 semester genap 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan 5 kali pertemuan dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang telah diuji validitasnya. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan IBM SPSS Versi 24. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) gambaran pemahaman konsep kacamata dari peserta didik kelas X di SMA Negeri 11 Maros berada pada kategori tinggi dengan jumlah pesrta didik 30, (2) peningkatan pemahaman peserta didik dilihat dari hasil pretest dengan nilai rata-rata 21,71 dan nilai rata-rata posttest 64,86. Demikian perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan alat peraga kacamata berbasis lingkungan pada peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 11 Maros.

Full Text:

PDF

References


Islam, D. J. K. A. (2005). Pendidikan. In Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Pendidikan (p. 25). Departemen Agama.

Inanto, A. S. (n.d.). Alat Peraga Berbasis Lingkungan. Pengaruh Alat Peraga Berbasis Lingkungan (APBL), Vol. 4

Muzaky, A. F. (2015). Penggunaan Alat Peraga Sederhana. Pengunaan Alat Peraga Sederhana Berbasis Teknologi Daur Ulang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Vektor Dalam Kelas Remedial SMKN 1 Wonoasri Tahun 2014/2015, 6 No. 1.

Sugiyono, P. D. (2016b). Jenis dan Desain Penelitian. In Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.