PENERAPAN ASSESSMEN KINERJA BERBASIS MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Himsar Siregar, Fitra hayati harahap

Abstract


Proses pembelajaran melalui media sosial yang bersifat instan melalui medsos google menumbuhkan sikap egois pada kemandirian sikap, ketrampian, pengetahuan peserta didik, pembelajaran tanpa proses menemukan masalah, membuat hipotesa dan menyelesaikan masalah menjadi beban bagi peserta didik. Penerapan assessemen kinerja berbasis model inquiry terbimbing bertujuan menumbuhkan  sikap saintis (menemukan ) peserta didik untuk memecahkan sendiri masalahnya. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif. Subjek penelitian ini kelas XI IPA 1  SMA N1 SIABU. Penelitian ini mengunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang tediri dari 2 Siklus. Siklus I peserta didik memperoleh nilai kognitif 73, psikomotorik 76, afektif 70 dengan ketuntasan klasikal 73%. Siklus I belum tuntas karena syarat ketuntasan klasikalnya adalah 75% . Siklus II nilai rata-rata peserta didk kognitif 78, psikomotorik 80, afektif 76 dengan ketuntasan klasikal 78%  artinya proses pembelajaran tuntas  merujuk ke syarat ketuntasan klasikal 75%. Penelitian ini dapat menumbuhkan pemahaman konsep melalui penerapan assessmen kinerja berbasis model inquiry terbimbing.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung : PT Reflika Aditama.

Elisa dan Himsar . (2020) . Peningkatan Pemaham Konsep dan Aktivitasi Belajar Fisika dengan Menggunakan Model Inquiry di SMA N 2 Plus Sipirok. Vol. 5 Tahun 2020. Penddikan Fisika. FKIP. UMTS.

Himsar dan Taufik, S. (2022). Penerapan Assessmen Kinerja Berbasis Model Cooperatife Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik, Vol.1.No.2 Tahun 2022. Gravity Journal. FTIK. UIN SYECKH ALI HASAN AHMAD ADDARY PADANGSIDIMPUAN.

Peraturaan President Republik Indonesia No. 60 . Tahun 2013. Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Interaktif.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.