PENERAPAN ALUR MERDEKA PADA MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM BUKU TEKS FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KREATIF MAHASISWA

Yaspin Yolanda

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh capaian kompetensi keterampilan mahasiswa masih rendah dalam berkolaborasi, minimnya kreativitas, aktivitas mahasiswa dalam berkerjasama hanya saat berdiskusi materi saja, belum menunjukkan kerjasama yang solid dalam merancang modul ajar kurikulum merdeka. Tujuannya untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan kreatif mahasiswa menggunakan alur merdeka, yang dipadukan  Project Based Learning (PjBL) sehingga mampu meningkatkan keterampilan abad 21. Subjek mahasiswa Pendidikan fisika Universitas PGRI Silampari. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan lembar observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil menunjukan Pertemuan open class 1, 2 dan 3 sebesar N-gain 0.92 menunjukkan keterampilan kolaborasi mahasiswa menggunakan alur merdeka terdapat peningkatan pada hasil skor N-Gain selama tiga kali pertemuan, yaitu kategori tinggi. Hasil yang telah diperoleh dapat diartikan bahwa penggunaan alur merdeka dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa, apabila hasil lembar observasi awal lebih kecil daripada hasil dari lembar observasi akhir, maka dapat dikatakan bahwa keterampilan kolaborasi dan kreatif mahasiswa mengalami peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Afriani, Mefliza Afriani, Hary Soedarto Harjono, and Rustam Rustam. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Menulis Teks Deskripsi.” Jurnal Basicedu 7(1):52–61. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4235.

Aldian, Hendy, and Dwi Wahyudianti. 2023. “Analisis Pengaruh Bahan Ajar Kimia Berbasis IT Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Komunikasi Siswa.” Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 10(1):207–16.

Ananda, Rusydi, and Muhammad Fadhli. 2018. Skatistik Pendidikan. 1st ed. edited by S. Saleh. Medan: CV. Widya Puspita.

Anwar, Ali. 2009. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan. Pertaama. Kediri: IAIT Press.

Ardianti, Yekti, and Nur Amalia. 2022. “Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka Dalam Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 6(3):399–407. doi: 10.23887/jppp.v6i3.55749.

Ayun, Qurrota. 2021. “Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 5(1):271–90. doi: 10.26811/didaktika.v5i1.286.

Baharuddin, Muhammad Rusli. 2021. “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi).” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4(1):195–205. doi: 10.30605/jsgp.4.1.2021.591.

Fatmawati, Fatmawati, Wahyudi Wahyudi, and Ahmad Harjono. 2022. “Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(4b):2563–68. doi: 10.29303/jipp.v7i4b.983.

Hapsari, Diyah. 2023. “Presepsi Mahasiswa : Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran Biokimia Terapan.” 6(1):179–86.

Komarudin, A., Moh Abdul Qohar, and Sholahudin Al Ayubi. 2023. “Lesson Study Untuk Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Lesson Study for Improving Learning Competence.” Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran 8(2):156–67.

Parihah, Ihah, Tita Rosita, and Yus Alvar Saabighoot. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Nuansa Akademik 8(1):25–34.

Faniashia, Nicky Rahayu Cahya, I. Made Astrab, and Dwi Susanti. 2023. “Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis STEM ( Science , Technology , Engineering , And Mathematics ) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Peserta.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) XI:307–10. doi: doi.org/10.21009/03.1102.PF42.

A.T Rafli, Muhammad Kharizmi, Surya Wedi, and Deni Dwi Andrian. 2023. “Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Kreasi Pengetahuan Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Animasi 3d.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5(1):444–50.

Junita, Astrid, Bambang Supriatno, and Widi Purwianingsih. 2021. “Profil Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA Pada Praktikum Maya Sistem Ekskresi.” Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education 4(2):50–57. doi: 10.17509/aijbe.v4i2.41480.

Kahfi, Ashabul. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5 (2):138-151.

Agustiana, Elma, Fredi Ganda Putra, and Farida Farida. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Dengan Pendekatan Lesson Study Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik.” Desimal: Jurnal Matematika 1(1):1. doi: 10.24042/djm.v1i1.1905.

Manalu, Juliati Boang, Pernando Sitohang, Netty Heriwati, and Henrika Turnip. 2022. “Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar.” Mahesa Centre Research 1(1):80–86. doi: 10.34007/ppd.v1i1.174.

Rulistiani, Via Utami, Ira Asyura, and Asep Saefullah Kamali. 2023. “Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 07(2):1366–78.

Marisa, Mira. 2021. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora) 5(1):72. doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.

Mawaddah, Redha, Retno Triwoelandari, and Fahmi Irfani. 2022. “Kelayakan LKS Pembelajaran IPA Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SD/MI.” Jurnal Cakrawala Pendas 8(1):1–14.

Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, and Agung Hartoyo. 2022. “Sinergi Mahasiswa Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6(5):7840–49. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3617.

Asmi, Ditya Zul, Sidin Ali, Motivasi Belajar, Model Pjbl, and Universitas Negeri Makassar. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sopeng.” 9(1):14–22. doi: 10.32699/spektra.v9i1.295.

Muafiah, Andi Firdha. 2019. “Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1.” Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP) 3(2):184–91. doi: https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/392.

Nasution, Suri Wahyuni. 2021. “Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 1(1):135–42. doi: 10.34007/ppd.v1i1.181.

Octaviana, Ferina, Diah Wahyuni, and Supeno Supeno. 2022. “Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2):2345–53. doi: 10.31004/edukatif.v4i2.2332.

Putri, Ratu Ilma Indra, Zulkardi Zulkardi, Rita Inderawati, Elika Kurniadi, Lisnani Lisnani, Dewi Rawani, Tria Gustiningsi, Malalina Malalina, Rini Herlina, Chika Rahayu, Arika Sari, and Delia Septimiranti. 2023. “Pelatihan Guru Profesional”Merdeka Belajar” Melalui Collaborative Learning Bagi Guru Sekolah Menengah Di Kota Pagaralam.” Jurnal Terapan Abdimas 8(1):33. doi: 10.25273/jta.v8i1.13317.

Ridwan, Muhammad, Nur Cholis, and Dwi Yulianti. 2020. “Pembelajaran Fisika Berbasis Science Technology Engineering And Mathematics ( Stem ) Untuk Mengembangkan Keterampilan Kolaborasi.” Unnes Physics Education Journal 9(3):249–55.

Rusnaini, Rusnaini, Raharjo Raharjo, Anis Suryaningsih, and Widya Noventari. 2021. “Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa.” Jurnal Ketahanan Nasional 27(2):230. doi: 10.22146/jkn.67613.

Saenab, Sitti, Sitti Rahma Yunus, and Husain Husain. 2019. “Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA.” Biosel: Biology Science and Education 8(1):29. doi: 10.33477/bs.v8i1.844.

Saleh, Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. edited by Hamzah Upu. Makasar: Pustaka Ramadhan, Bandung.

Sarifah, Fatikhatus, and Tutut Nurita. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa.” PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS 11(1):22–31.

Susetyadi, Arya Dwi, and Sri Utami. 2023. “Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL).” Jurnal Biologi EDukasi 15(1):54–62.

Sutria, Yuna, Syifa Annisa Sirait, and Ajeng karunia Utami. 2023. “META ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PJBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA.” Jurnal Pendidikan Fisika 12(1):52–58.

Wiwita, Risma, and Revi Handayani. 2023. “Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Labor Komputer.” Jurnal Ilmu Pendidikan 5(1):248–58.

Supriadi, Gito. 2021. Statistik Penelitian Pendidikan. Pertama. Palangka Raya: UNY Press.

Suryani, Yeyen, Nanung Nurjannah, Iis Trisno Iskandar, Oyoh Rokayah, and Ibnu Udy Prasetyo. 2023. “Penerapan Lesson Study Dengan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 20(01):1.

Syafii, Imam. 2023. “Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek : Materi Hakikat Ilmu Kimia Dan Metode Ilmiah.” Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi 3(1):99–105.

Syaripudin, S., R. Witarsa, and M. Masrul. 2023. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan.” Journal of Education Research 4(1):178–84.

taher, tamrin. 2023. “Analisis Keterampilan Komunikasi Dan Kolaborasi Siswa Introvert Dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching.” Jambura Journal of Educational Chemistry 5(1):21–27. doi: https://doi.org/10.34312/jjec.vXiX.XXXX.

Undari, Mayrisa. 2023. “Pengaruh Penerapan Model PjBL ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan Abad 21.” Journal Tunas Bangsa 10(1):25–33.

Yolanda, Yaspin. 2022. “Elektronika Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Mahasiswa Development of Electronic Books ( E-Book ) Electronic Practices To Improve 21St Century Skills Integrated Student Creative Thinking Skills.” Journal of Physics and Science Learning 06(02):93–106.

Yolanda, Yaspin, and Afit Fathurohman. 2023. “Analysis Of Student Collaboration Skills Using The Independent Flow Of Basic Physics Course Material Of Capacitors.” Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika 3(1):32–42. doi: 10.24252/al-khazini.v3i1.36701.

Fatahillah, Arif, M. Ali Yafi, Lioni Anka Monalisa, Saddam Hussen, and Edy Wiharjo. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Lingkaran Berbasis Discovery Based Learning Berbantuan Geogebra Classroom Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.” Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 6(2):43–54.

Yunus, Muh. Rizal Kurniawan. 2023. “Analisis Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Barru Pada Model Pembelajaran Kooperatif Number Heads Together.”




DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v7i1.7269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.