Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya

Erwinsyah Tanjung, Tuti Hardianti, Syahwin Syahwin, Sheila Fitriana, Rachmat Rizaldi, Nana Mardiana

Abstract


Penelitian ini merupakan quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar.Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group-Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian  ini adalah kelas VIII, dengan jumlah siswa 30 orang yang diberikan  pembelajaran dengan menggunakan media audio visual.Uji Hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif untuk mengukur hasil belajar siswa dengan  penggunaan media audio visual. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikan 0,027, sehingga sig > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara data pre-test dengan data post-test  siswa yang menggunakan media audio visual pada materi gaya pada kelas VIII SMPIT Al-Fauzi. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual memberi pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci : Media, Audiovisual,Gaya


Full Text:

PDF

References


Suryosubroto. 2010. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudirman. 2008.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta; Raja Grafindo Persadda

Sukriantana. 2014. Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama di SMP Waru Sidoarjo. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2 (1): 5.

Harjono,A, Jufri.,W,dan Arizona,K. 2015. Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,1 (1):15-22.

Gunawan, Harjono, dan Sutrio. 2015.Multimedia Interaktif dalam Pemblejaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi,1 (1):9-14

Kadek sukiyasa. 2013. Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif,.Jurnal PendidikannVokasi.3 (1):135.

Emy Siswanah. 2015. Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Walisongo Semarang. Phenomenon:Jurnal Pendidikan MIPA.6 (1):13-24

Nazir,Moh.2005.MetodePenelitian.Jakarta;rineka Cipta

Irwandi.2020. Penggunaan Media Audio Visual dalam Peningkatan Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri 49 Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan. 9 (1)

Desti Patmawati. 2018. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-jenis Pekerjaan Di Sekolah Dasar. Jurnal pendidikan. 5 (2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.