PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS LITERASI NUMERASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Dewanto Kamas Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar fisika berbasis literasi numerasi pada materi listrik dinamis. Bahan ajar yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu modul dan LKPD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen angket dan instrumen test. Hasil pengembangan bahan ajar menunjukkan nilai rata – rata untuk hasil validasi materi 86,17% (kategori sangat layak) dan untuk hasil validasi media 92,25% (kategori sangat layak). Implementasi hasil bahan ajar fisika menggunakan model problem based learning (PBL). Hasil implementasi bahan ajar menunjukkan nilai n-gain sebesar 0,71 (tinggi). Hasil validasi dan hasil implementasi ini didukung oleh data tanggapan dari guru fisika dengan hasil persentase 91,67% (kategori sangat baik) dan data tanggapan dari peserta didik dengan hasil persentasi 91,65% (kategori sangat baik). Oleh karena itu, hasil pengembangan bahan ajar fisika ini sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung yang dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.