ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DAN KENDALA PEMAHAMAN KONSEP MATERI LISTRIK STATIS DALAM PELAJARAN FISIKA
Abstract
Jurnal ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep dan kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam memahami konsep materi listrik statis dalam pelajaran fisika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif guna mendeskripsikan hasil instrument survey penelitian di SMAN 14 Medan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 28 siswa XII IPA 3, 27 siswa XII IPA 4 dan 24 siswa XII IPA 5. Pada penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: (1) tingkat pemahaman konsep materi listrik statis siswa masih berada pada tingkat rendah dengan persentase 22,8%. (2) Aspek yang paling berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa tentang materi listrik statis adalah cara belajar siswa yang memiliki persentase 92,4% atau pada kategori tinggi. (3) Sebanyak 40 dari 79 siswa memilih Hukum Gauss adalah materi listrik statis yang paling sulit dipahami.
Full Text:
PDFReferences
Wahyuni, S., & Marwan, A. R. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri Se-Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 135-140.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2).
Wardhany, R. P. K. (2014). Media Video Kejadian Fisika dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(4), 323-328.
Kertiasih, N. K. (2010). Pengembangan CD Interaktif Listrik Statis dan Listrik Dinamis sebagai Media dalam Proses Pembelajaran di Sekolah. Prosiding Aptekindo. Seminar Internasional, tanggal 4 Maret 2014. Sumatera Utara : Universitas Pendidikan Ganesha
Kulsum, U., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan model pembelajaran cooperative problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah siswa pada mata pelajaran fisika. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).
Indonesia, T. R. K. B. B. (2018). Kamus besar bahasa Indonesia.
Jaya, I M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan dan Riset Nyata. Yogyakarta : Quadrant.
Retnawati, H. (2017). Teknik pengambilan sampel. In Disampaikan pada workshop update penelitian kuantitatif, teknik sampling, analisis data, dan isu plagiarisme (pp. 1-7).
Sudjiono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v8i2.8355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING:
Publisher:
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .