ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 TALAWI

Muhammad Fikry Zikrillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep fisika peserta didik pada materi gelombang. Responden terdiri dari 40 peserta didik SMA Negeri 1 Talawi  kelas XII. Instrumen penelitian berupa 10 soal tes pilihan ganda dan 1 buah essay yang berbantuan google formulir. Beberapa peserta didik masih mengalami kesalahan dalam memahami beberapa konsep gelombang, diantaranya peserta didik belum paham tentang perbedaan antara gelombang transversal dan gelombang longitudinal.


Full Text:

PDF

References


Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (1990). Measurement and evaluation in teaching (6thed.). New York: Macmillan.

Astuti, R.D., Sanjaya, B., Triwijayanti, N., & Rondonuwu, F.S. 2009. Konsepsi Mahasiswa Tentang Cepat Rambat Gelombang Pada Permukaan Air, in: Revitalitas MIPA Dan Pendidikan MIPA Dalam Rangka Penguatan Kapasitas Kelembagaan Dan Profesionalisme Menuju World Class University. Presented at the Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, pp. 83–87.

Kurniawan, B.R., Handayanto, S.K., & Parno. 2016. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Fisika Universitas Negeri Malang, in: Inovasi Pembelajaran IPA Yang Bermakna dan Mencerdaskan. Presented at the Seminar Nasional Pendidikan IPA, Pascasarjana Universitas Negeri Malang, pp. 105–111.

Hamdani, D. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Genertaif dengan Mengunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII DI SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1): 79–88.

Kulsum, U., & Nugroho, S. E. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes, 3(2): 73- 78.

Sari, W. P., Suyanto, E., & Suana, W. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Vektor pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 159- 168.

Kaniawati, I. 2017. Pengaruh Simulasi Komputer terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Impuls-Momentum Peserta didik SMA. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(1): 24-26.

Agustina, L. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 4 Sipirok Kelas VII Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1).

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.




DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v8i2.8361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:


         





Publisher:

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .