ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DI SMA MATERI FLUIDA DINAMIS PADA PELAJARAN FISIKA

Joice Asima Banjarnahor

Abstract


 

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Fluida Dinamis, dilaksanakan pada bulan November 2023, kelas X MIPA 5 serta X MIPA 6 SMA Negeri 14 Medan. Subjek penelitian dari 2 kelas ini sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal angket survey kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida dinamis sebanyak 15 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa yaitu kemampuan memahami dan menghapal mengenai Hukum-hukum dan Teorema-teorema yang ada di dalam Fluida Dinamis, yang terdapat beberapa Hukum dan Teorema, diantaranya: (Hukum Archimedes, Hukum Pascal, Hukum Hagen-Poiseuille, Teorema Navier-Stokes, Hukum Laplace), siswa mudah dalam mengingat dan membedakan berbagai jenis hukum-hukum didalam Fluida Dinamis. Hal ini dapat dilihat bahwa persentase siswa menjawab benar adalah 75,2 % dan siswa yang menjawab salah adalah 24,8 % dan itu termasuk kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Aprita, D. F., Supriadi, B., & Prihandono, T. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Fluida Dinamis Menggunakan Four Tier Test Pada Siswa Sma 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 315–321.

Arifuddin, A., Sutrio, S., & Taufik, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 894–900. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.631

Azizah, Z., Taqwa, M. R. A., & Assalam, I. T. (2020). Menggunakan Isntrumen Berbantukan Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 1–11.

Hartini, S., Dewantara, D., & Mahtari, S. (2018). Pengembangan Alat Peraga Fisika Energi Melalui Perkuliahan Berbasis Project Based Learning. Vidya Karya, 33(1), 42. https://doi.org/10.20527/jvk.v33i1.5393

Hau, R. R. H., & Nuri. (2019). Pemahaman Siswa terhadap Konsep Hukum I Newton. Variabel, 2(2), 56. https://doi.org/10.26737/var.v2i2.1815

Herdayanti, A., Rahmatsyah, & Manurung, S. R. (2020). Development of aid tool using arduino uno sensor for dynamic fluid at senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1485(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1485/1/012003

Herwinda, B. P., Lubis, P., & Lia, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran POE Berbantuan Alat Peraga terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 44. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.7203

Kusdiastuti, J., Harjono, A., & Sahidu, C. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Dan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Ma-Di Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. 1(1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Lisma, L., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 35. https://doi.org/10.26737/jipf.v2i2.228

Maulana, R., Jufrida, J., & Pathoni, H. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Discovery Based Learning Dengan Bantuan LKS Digital Materi Fluida Dinamik Kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 67–81. https://doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4034

Mufit, F. (2016). A Study about Understanding the Concept of Force and Attitude towards Learning Physics on First-Year Students in the Course of General Physics; as Preliminary Investigation in Development Research. Proceeding the 4th SEA-DR, 1, 113–121

Munawaroh, A., Wilujeng, I., & Hidayatullah, Z. (2021). Physics Learning Instruction Based on the Conceptual Change Model for Senior High Schools. 541(Isse 2020), 441– 446.

Nisa, I. K., Yuliati, L., & Hidayat, A. (2020). Analisis Penguasaan Konsep melalui Pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Modul Terintegrasi STEM pada Materi Fluida Dinamis. 809–816

Nurdini, S. D., Husniyah, R. H., Chusni, M. M., & Mulyana, E. M. (2022). Penggunaan Physics Education Technology (PhET) dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 136. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4412

Rafiqah, Amin, F., & Wayong, M. (2019). Pengaruh Learning Cycle Berbasis Metode Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 133–139.

Rizkita, N. I., & Mufit, F. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Terhadap Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(November).

Rusliadi, & Azhar. (2022). Implementasi Metode Gasing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Sman 1 Lakudo. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(No. 1), 5–11.

Sandra, E., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 3 Bengkayang. Jppk: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(10), 1–8.

Shidqi, M. I., Maulana, & Anggaryani, M. (2020). Pengembangan Alat Peraga Berbasis Sensor Flowmeter Untuk Menerapkan Persamaan Kontinuitas Pada Materi Fluida Dinamis. Inovasi Pendidikan Fisika, 09(02), 133–143.

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Smp. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 37. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445

Yusuf, Astiti, Lalus, & Haba. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 12. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679




DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v8i2.8396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:


         





Publisher:

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .