PROJECT BASED LEARNING (PJBL) MATA KULIAH TELAAH KURIKULUM TOPIK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN FASILITASI

Yaspin Yolanda, Ahmad Budi Mulyanto

Abstract


Penelitian melibatkan 40 mahasiswa Pendidikan Fisika, dari bulan Januari s.d Mei 2024, dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman dan kompetensi pedagogik mahasiswa dalam pengetahuan perencanaan pembelajaran dan praktik pembelajaran. Jenis penelitian eksperimen dengan analisa deskriptif kuantitatif.  Fokus masalah yaitu peningkatan keterampilan fasilitasi sebagai calon guru. Instrumen yang digunakan adalah 1) Lembar observasi keterampilan mengajar untuk observer, dan 2) Instrumen refleksi six thinking hats. Implementasi PJBL dilakukan sebanyak 12 kali yakni 1 kali pengenalan proyek dan membangun kesepakatan kelas, 5 kali dilakukan pembimbingan kelompok oleh dosen, dan 6 kali exhibition proyek. Hasilnya yakni keterampilan saat membuka pelajaran, menyampaikan indikator, apersepsi dan dengan capaian terampil. Selanjutnya pada kegiatan inti keterampilan bertanya dan memberikan pertanyaan dan umpan balik, penggunaan media digitalisasi, keterampilan memantik materi, keterampilan dalam mengelola kelas dengan capaian terampil. Kegiatan penutup menunjukkan keterampilan dalam menarik kesimpulan (inferensi), memfasilitasi refleksi dengan capaian terampil. Sehingga terdapat peningkatan keterampilan fasilitasi mahasiswa dengan N-gain 0.80 kategori tinggi, selama exhibition enam kali pertemuan kategori terampil.


Full Text:

PDF

References


A.T Rafli, Kharizmi, M., Wedi, S., & Andrian, D. D. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek Menggunakan Kreasi Pengetahuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Animasi 3d. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 444–450.

Afriani, M. A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Menulis Teks Deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4235

Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan (S. Saleh (ed.); 1st ed.). CV. Widya Puspita.

Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Mata Kuliah Inti Seminar Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 34–54.

Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. In IAIT Press (Pertaama). IAIT Press.

Asmi, D. Z., Ali, S., Belajar, M., Pjbl, M., & Makassar, U. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sopeng. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 9(1), 14–22. https://doi.org/10.32699/spektra.v9i1.295

Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fatmawati, F., Wahyudi, W., & Harjono, A. (2022). Pengambangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2563–2568. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.983

Fitri, S., Sundari, M., Pd, E., Sukmanasa, M., Pd, L., Novita, S., Sn, M., Pd, Y., Mulyawati, S. H., Pd, M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR Disusun oleh.

Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045

Madjid, A. (2019). Kompetensi Profesional Guru: Keterampilan Dasar Mengajar. Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.35329/jp.v1i2.327

Mansur, N. (2017). Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 4(2), 118. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1884

Muafiah, A. F. (2019). Analisis Integrasi Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Sajian Buku Teks Fisika SMA Kelas XII Semester 1. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 184–191. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/392

Parihah, I., Rosita, T., & Saabighoot, Y. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Nuansa Akademik, 8(1), 25–34.

Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233.

Sitorus, W. I., & Sojanah, J. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Keterampilan Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11769

Sundari, F. S., & Muliyawati, Y. (2017). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pgsd. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 26–36. https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i1.225

Supriadi, G. (2021). Statistik Penelitian Pendidikan (Pertama). UNY Press.

Susetyadi, A. D., & Utami, S. (2023). Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL). Jurnal Biologi EDukasi, 15(1), 54–62.

Sutria, Y., Sirait, S. A., & Utami, A. karunia. (2023). Meta Analisis Efektivitas Model Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 12(1), 52–58.

Syafii, I. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek : Materi Hakikat Ilmu Kimia Dan Metode Ilmiah. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 3(1), 99–105.

Urai Muhani. (2021). Faktor-Faktor Keberhasilan Implementasi Project-Based Learning Sebagai Salah Satu Penilaian Sekolah Menengah Kejuruan Kalimantan Barat untuk Inovasi Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-10. In Pengembangan SDM dan Kebijakan Publik (Vol. 2, pp. 23–32).

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Wiwita, R., & Handayani, R. (2023). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbasis Proyek pada Labor Komputer. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 248–258.

Yolanda, Y. (2022a). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Prakarya Elektronika Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Physics and Science Learning, 06(02), 93–106.

Yolanda, Y. (2022b). Pengembangan Modul Penilaian Tes Diagnosis Miskonsepsi Mahasiswa Materi Komponen Elektronika Terintegrasi CRI. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 1–17. http://jurnal.stkipm-pagaralam.ac.id/

Yolanda, Y., & Fathurohman, A. (2023). Analysis Of Student Collaboration Skills Using The Independent Flow Of Basic Physics Course Material Of Capacitors. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 32–42. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v3i1.36701


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.