PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SALING TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran fisika berbasis project-based learning (PjBL) dan mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan serta untuk melihat peningkattan ketrerampilan berpikir kritis siswa kelas VII SMP Negeri 2 Saling tahun ajaran 2023/2024 dalam memahami materi fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Plomp lima tahap. Populasi dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Saling yang berjumlah 21 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, terdiri dari 9 siswa pada tes skala kecil dan 21 siswa pada tes skala besar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan memeriksa kelayakan produk yang dikembangkan dan mengidentifikasi perbaikan pembelajaran. Kelayakan modul fisika yang diuji oleh validator ahli adalah 100 poin dengan kategori “sangat baik” untuk ahli materi, 67 poin dengan kategori “sangat baik” untuk ahli media pembelajaran, dan 35 poin dengan kategori “sangat baik”. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa terlihat pada hasil pre dan post test dengan N-Gain. Tes uji skala kecil menunjukkan peningkatan sebesar 0,5 dengan kategori sedang, dan tes skala besar menunjukkan peningkatan sebesar 0,7 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul fisika berbasis pembelajaran berbasis proyek dinilai layak digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Algiranto, A., & Sulistiyono, S. (2020). Development of physics students worksheets with scientific approaches to improve skills critical thinking and high school student learning outcomes. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 107-113.
Arini, W., & Sulistiyono, S. (2023). Analisis Kebutuhan LKPD Fisika Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Di SMP Sabilillah Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(1), 129-139.
Fatimah, S., & Risky R., (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Literasi. Vol VI Nomor 2.
Hasanah, I., Sarwanto, S., & Masykuri, M. (2018). Pengembangan modul suhu dan kalor berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA/MA. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 3(1), 38-44.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Resdakarya
Rochmad, R. (2012). Desain model pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59-72.
Sulistiyono, M., & Kuswanto, H. (2017). Pengembangan Panduan Praktikum Fisika Berbasis Inkuiri Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(1), 89-98.
Sulistiyono, S. (2022). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis scientific investigation untuk meningkatkan kemandirian belajar dan penguasaan materi siswa sma. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 33-41.
Susanto, A. (2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Inter Pratama Mandiri
Susanto, J. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA. Journal Of Primary Educational. 75.
Trianto, (2012). Modul Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Triyanti, M., & Sulistiyono, S. (2023). PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN FAKTUAL DAN KONSEPTUAL SISWA SMP KELAS VIII. Jurnal Perspektif Pendidikan, 17(2), 270-280.
Widodo, S.A., Istiqomah, L., Nayazik, A., & Prahmana, R.C.I. (2019). Formal student thinking in mathematical problem-solving. J. Phys. Conf. Ser. 1188 012087
Widoyoko, E.P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Cet:IX. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Yolanda, Y. (2020). Development of Contextual-Based Teaching Materials in The Course of Magnetic Electricity. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching, 3(1), 59-69.
Yolanda, Y. (2022). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Prakarya Elektronika Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Terintegrasi Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 6(2), 93-106.
Yolanda, Y., & Imaduddin, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Dan Respon Siswa Terhadap Penggunaan Buku Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 7-16.
DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v8i1.9322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING:
Publisher:
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .