PENERAPAN METODE JUST IN TIME UNTUK EFISIENSI BIAYA PERSEDIAAN BAHAN BAKU KACANG KEDELAI DI UMKM TAHU BAPAK MALIK DI DESA WISATA KAMPUNG TAHU DOLOK MASIHUL

Ariyani Lubis, Tri Hernawati, Mahrani Arfah

Abstract


Penelitian ini dilakukan di UMKM Tahu Bapak Malik di Desa Wisata Kampung Tahu yang dimana bertujuan untuk mengidentifikasi biaya persediaan yang dilakukan oleh Bapak Malik yang masih menggunakan metodekonensional dalam memesan bahan baku kacang kedelai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelian bahan baku yang dilakukan oleh Bapak Malik dinilai masih belum efisien, karena kebijakan dari perusahaan mengakibatkan pengeluaranbiaya yang lebihbesar yaitu Rp. 6.270.801,45 sedangkan dengan menerapkan metode Just in Time perusahaan mengeluarkan biaya yaitu sebesar Rp.2.587.931,83 . Dengan menerapkan metode Just in Time perusahaan dapat lebih meminimalkan biaya dengan melakukan penghematan melalui biaya penyimpanan yang dikurangi karna dengan system Just in Time barang akan dipesan ketika ada permintaan dari pelanggan. Dengan menerapkan metode just in time Tahu Bapak Malik dapat menghemat biaya pembelian bahan baku kacang kedelai di UMKM TahuBapak Malik yaitu sebesar Rp. 3.862.931,83. Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan efiensi biaya persediaan bahan baku kacang kedelai maka sebaiknya perusahaan menggunakan metode just in time.


Keywords


Bahan Baku; Efisiensi; Kacang Kedelai; Metode Just in Time; Persediaan

Full Text:

PDF

References


. Madianto, Azhar. N.D. “Analisis Implementasi Sistem Just In Time ( Jit ) Pada Persediaan Bahan Baku Untuk Memenuhi Kebutuhan Produksi ( Studi Pada Pt Alinco , Karangploso , Malang )” 38 (1): 183–90.

. Zidane, Pada, And Meubel Palangka. 2021. “Rina , Achmad Syamsudin , Deddy Rakhmad Hidayat 3)” 2 (1): 64–72.

. Dewi, Ni Luh Utami, Anjuman Zukhri, And Lulup Endah Tripalupi. 2014. “Analisis Efisiensi Biaya Bahan Baku Dalam Penerapan Metode Jit Pada Industri Ubin Karya Indah Karangasem.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 4 (1): 10.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i1.10038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ariyani Lubis, Tri Hernawati, Mahrani Arfah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License