EVALUASI PENJADWALAN PROYEK MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD (CPM) PADA PROYEK BENDUNGAN LAU SIMEME KABUPATEN DELI SERDANG

Nuriyah Marin Siregar, Bangun Pasaribu, Jupriah Sarifah

Abstract


Proyek konstruksi.merupakan salah satu bentuk kegiatan yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan sumber daya tertentu, untuk mencapai hasil dalam bentuk bangunan atau infrastruktur, dimana pengerjaannya membutuhkan suatu teknik yang digunakan yaitu pengelolaan, perencanaan, penjadwalan sampai dengan pengendalian. Keberhasilan maupun kegagalan dari pelaksanaan sering kali disebabkan kurang perencanaan dan pengendalian yang kurang efektif, sehingga menyebabkan aktivitas pekerjaan tidak efisien, dimana hal ini mengakibatkan keterlambatan, menurunnya kualitas pekerjaan, dan membengkaknya biaya pelaksanaan..Tujuan dari penelitian ini adalah mngevaluasi waktu penjadwalan penyelesaian proyek yaitu dengan menggunakan metode analisis CPM dengan alasan bentuk dari jaringan kerja atau network planning dapat diketahui beserta kegiatan-kegiatan yang berada pada jalur kritis, dan juga dapat diketahui waktu yang lebih efisien dalam pengerjaan proyek ini. Berdasarkan analisis network planning dengan menggunakan metode CPM, didapatkan rangkaian kegiatan pekerjaan yang termasuk kedalam jalur kritis dan hasil evaluasi menunjukkan bahwa proyek dapat diselesaikan selama 104 bulan kemudian dilakukan percepatan dengan menggunakan metode CPM kembali maka proyek dapat dipercepat waktu penyelesaiannya menjadi 89 bulan. Sehingga proyek memiliki efisiensi waktu sebesar 15% pada waktu normal. Hal ini berarti jika menggunakan metode network planning dapat mempersingkat waktu pengerjaan proyek sehingga pengerjaan pembangunan Bendungan Lau Simeme Kab. Deli Serdang ini dapat mencapai hasil yang optimal.


Full Text:

PDF

References


Adiwardana, Magdalena. 1987. Perencanaan dan Pengendalian dengan PERT dan CPM. Balai Aksara. Jakarta.

Asiyanto. 2013. Cara Singkat Memahami : NWP (Network Planning). Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta.

Efendi, Ahmad dan Romi Talanipa. 2019. Evaluasi Waktu Menggunakan Critical Path Method (CPM) Oada proyek Jalan Rabat Beton Desa Kamelanta. Kendari: Universitas Halu Oleo.

Ervianto, Wulfram I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi). Andi. Yogyakarta.

Iwawo, E. R. M., Penerapan Metode CPM Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus Pembangunan Gedung Baru Kompleks Eben Haezar Manado), Jurnal Sipil Statik, Vol. 4 No. 9, 2016, pp. 551-558.

Kajatno, Sutomo.1971 . Uraian Lengkap Methode Network Planning Jilid II. Badan Penerbit Pekerjaan Umum. Jakarta.

Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid, Erlangga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License