PERBAIKAN ALAT PENGUTIP MINYAK DALAM SLUDGE DAN CONDENSAT

Yusmartato Yusmartato, Luthfi Parinduri

Abstract


Perbaikan alat ini untuk mempercepat proses pengutipan Crude Palm Oil (CPO), sludge tidak bercampur lagi dalam bak fat pit dengan mengurangi waktu optimum pengolahan Crude Palm Oil (CPO), sehingga mendapatkan Crude Palm Oil (CPO) semaksimal mungkin dengan tidak terjadi kenaikan Asam Lemak Bebas (ALB). Kadar losses minyak pada bak fat pit di PKS ini sudah di bawah 0,30 %. Berarti sudah di bawah angka persentase kehilangan minyak yang diizinkan. Namun, PKS terus berupaya untuk meminimalkan losses, agar pencapaian rendemen minyak lebih maksimal. Walaupun telah dilakukan pengutipan minyak semaksimal mungkin, tetapi pada sisa lumpur dan air yang dialirkan ke kolam limbah tersebut, masih saja ada minyak yang terikut. Minyak yang ikut ke kolam limbah ini dihitung sebagai losses sebanyak rata-rata sebesar 0,29 %. Serangkaian perbaikan yang dilakukan kemudian dilakukan pengamatan terhadap losses minyak yang terdapat pada bak fat pit. Dari hasil perbaikan dan analisa data diperoleh 2 (dua) bentuk kontribusi yang diterima oleh perusahaan, yaitu kontribusi secara teknis dan kontribusi secara finansial. Kontribusi teknis secara umum telah mempermudah cara pengutipan Crude Palm Oil (CPO) di bak fat pit, sedangkan kontribusi finansial dalam jangka waktu 2 (dua) bulan yaitu November dan Desember tahun 2017, perusahaan telah mendapat kontribusi sebesar Rp 68.946.930,-. Pengembalian biaya peralatan diperoleh dalam jangka waktu 1 (satu) bulan, selanjutnya perusahaan akan  mendapatkan nilai tambah.


Full Text:

PDF

References


Gunawan, Erwin, 2010, Pengendalian Bahan Baku Pengolahan. Tim Retooling LPP Kampus Medan, Medan.

Habibillah Faqih Arif, 2010, Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit Menjadi CPO dan PKO, diunduh pada Mei 2018 dari https://habibiezone.wordpress.com/2010/ 10/13/makalah – teknologi - pengolahan-kelapa-sawit-menjadi-cpo-dan-pko/

Naibaho, Ponten M., 1998, Limbah Cair Kelapa Sawit, Jakarta.

Pahan, Iyung, 2008, Panduan Lengkap Kelapa Sawit. Penebar Swadaya, Jakarta.

Pardamean, Maruli, 2008, Pengelolaan Kebun dan Pabrik Kelapa Sawit, Agromedia Pustaka, Jakarta.

Sastrosayono, Selardi. Budi Daya Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Sinaga, Lisbeth, 2010, Proses Pengolahan dan Pengendalian Mutu. Tim Retooling LPP Kampus Medan, Medan.

Sunarko, 2007, Budi Daya dan Pengolahan Kelapa Sawit. Agromedia Pustaka, Jakarta.

Parinduri, L., & Sulaiman, O. K. (2018, April). Biomass analysis at palm oil factory as an electric power plant. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1007, No. 1, p. 012053). IOP Publishing.

Hasibuan, A., Arfah, M., Parinduri, L., Hernawati, T., Harahap, B., Sibuea, S. R., & Sulaiman, O. K. (2018, April). Performance analysis of Supply Chain Management with Supply Chain Operation reference model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1007, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yusmartato Yusmartato, Luthfi Parinduri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License