ANALISA KEPADATAN TANAH MENGGUNAKAN DCP PADA PEMBANGUNAN RUAS JALAN SABA DOLOK KECAMATAN KOTA NOPAN KABUPATEN MANDAILING NATAL PROVINSI SUMATERA UTARA

Iman Hidayat Batubara, Darlina Tanjung, Jupriah Sarifah

Abstract


Untuk rencana jalan, faktor utama yang perlu diperhatikan adalah nilai CBR (California Bearing Ratio) sesuai dengan tanah karena akan mempengaruhi tebal pengerasan perencanaan. Untuk mencari nilai CBR yang didapat sesuai dengan pengujian di lapangan yaitu dengan DCP (Dynamic Cone Penetrometer). Metode pengujian DCP ini dilakukan pada titik kiri, tengah, dan kanan setiap interval 50 meter dengan menggunakan metode zigzag. Dalam merencanakan tebal lapis pengerasan bawah & lapis pengerasan atas & lapis permukaan tanah, terlebih dahulu harus dilakukan pengujian berat jenis tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepadatan tanah di Saba Dolok Kec. Kota Nopan Kab. Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, agar akses jalan menjadi mudah untuk dilalui sehingga dapat membantu pengguna jalan untuk mengakses jalan dengan lebih mudah. Dari hasil pengujian nilai DCP, nilai CBR, nilai CBR & DDT desain (Daya Dukung Tanah) di Jalan Saba Dolok, Kec. Kota Nopan Kab. Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara menunjukkan nilai DCP homogen sebesar 28,80 mm, sedangkan nilai CBR homogen yang diperoleh sebesar 6,069%, dan nilai CBR desain sebesar 5,93% mm, nilai DDT sebesar 5,07%. Nilai CBR desain/perencanaan yang diperoleh belum memenuhi standar nilai CBR yang telah ditetapkan yaitu antara 5-12%, sehingga perlu dilakukan pemadatan kembali pada tanah dasar karena tidak memenuhi standar nilai CBR yang telah ditetapkan. dipasang dan harus ditempelkan dengan pengerasan jalan.    


Keywords


Kepadatan Tanah; DCP; CB; Lapangan; Ruas Jalan

Full Text:

PDF

References


. AASHTO, 1990, Standard Spesification for Transportation Materials and Methods of Sampling and Testing, 15th ed. Washington, D.C

. Azwarman. 2015. Kajian Nilai Daya Dukung Tanah Dasar Menggunakan Dynamic Cone Penetrometer Dan Cbr In Place. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi (JIUBJ), vol .5 no.1

. Kementrian Pekerjaan Umum. 2010. Spesifikasi Umum Bina Marga 2010 Revisi 3. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga.

. Sriharyani, Leni. 2012, Analisis Karakteristik Campuran Aspal Beton (Ac-Wc) Dengan Cara Uji Marshall (Studi Kasus Proyek Peningkatan Jalan Soekarno-Hatta Kab. Lampung Timur). TAPAK (Teknologi Aplikasi Konstruksi). vol.2 no.1

. Sukirman, S., 1999, Pengerasan Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung

. Wesley, LD. 1977. Mekanika Tanah cetakan VI. Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Iman Hidayat Batubara, Darlina Tanjung, Jupriah Sarifah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License