ANALISIS PERHITUNGAN TEBAL LAPIS PERKERASAN LENTUR PADA JALAN PROVINSI RUAS 65 SIGALINGGING HUTA JUNGAK (STA 0+000 s/d STA 2+000)

Winda Togatorop, Diana Suita Harahap

Abstract


Jalan Sigalingging - Huta Jungak merupakan jalan akses pemukiman warga untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Dalam upaya mendukung hal ini perlu dilakukan peningkatan jalan yang sudah ada dan disesuaikan dengan kondisi lalu-lintas pada daerah ini. Peningkatan perkerasan konstruksi jalan yang baik diharapkan mampu  memikul beban kendaraan yang melintas dan tanpa menimbulkan yang berarti pada konstruksi jalan itu sendiri. Jenis perkerasan yang sesuai  adalah perkerasan lentur (Flexible Pavement). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan perancangan desain tebal lapis perkerasan yang baik dan keberhasilan pelaksanaan agar sesuai dengan rancangan. Dalam skripsi ini dilakukan analisis perhitungan tebal lapis perkerasan lentur pada jalan provinsi ruas 65 Sigalingging – Huta Jungak dengan menggunakan metode Pt T-01-2002-B dan AASHTO 1993. Hasil dari perhitungan lapis perkerasan lentur dengan menggunakan metode Pt T-01-2002-B diperoleh, tebal Lapis Permukaan (Surface Course) = 10 cm dan Lapis Pondasi Atas (Base Course) = 11 cm. Pada metode AASHTO 1993 diperoleh, tebal Lapis Permukaan (Surface Course) = 11 cm dan Lapis Pondasi Atas (Base Course) = 13 cm. Dari hasil perhitungan disarankan menggunakan hasil analisis perhitungan tebal lapis perkerasan lentur dengan metode Pt T-01-2002-B karena lebih efesien dibandingkan dengan menggunakan metode AASHTO 1993.


Keywords


Perkerasan; Lentur; Konstruksi Jalan; Tebal Lapis

Full Text:

PDF

References


. American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO). 1993, Guide for Design of Pavements Structures 1993. Washington,D.C.: AASHTO.

. Alik Ansyori Alamsyah. 2006, Rekayasa Jalan Raya (Edisi Revisi), Malang :Universitas Muhammadiyah Malang

. Bina Marga. 2013, Manual Desain Perkerasan Jalan. 02/M/BM/2013. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum.

. Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah. 2002, Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur. Pt T-01-2002-B: Jakarta.

. Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017, Manual Desain Perkerasan Jalan (Revisi 2017) Nomor 02/M/BM/2017. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat: Jakarta..

. Harris, C. W. dan Dines, N. T., 1998, Time-Saver Standards For Lanscape Architecture. McGraw-Hill: Colombia.

. Mannering, F.L., dan Kilareski., 1990, Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis. John Wiley and Sons: USA.

. Saodang, Hamirhan. 2005, Kontruksi Jalan Raya Buku 2 Perancangan Perkerasan Jalan Raya. Nova: Bandung.

. Siegfried dan Rosyidi, S.A.P., 2007, Deskripsi Perencanaan TebalPerkerasan Jalan Menggunakan Metode AASHTO 1993.

. Sukirman, Silvia. 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova : Bandung.

. Sukirman, Silvia. 2010, Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova : Bandung, ISBN: 978-602-96141-0-7.

. Sumatera Utara, Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. 2021, Panjang Jalan Provinsi menurut Kabupaten/Kota dan Kondisi Jalan (km) 2019-2021.

. https://sumut.bps.go.id/indicator/17/423/1/panjang-jalan-provinsi-menurut-kabupaten-kota-dan-kondisi-jalan-km-.html. diunduh tanggal 01 Februari 2023.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v19i3.9872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Winda Togatorop, Diana Suita Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License