Komunikasi Petugas Haji di Era Digital: Studi Kasus Kabupaten Deli Serdang dalam Kerangka Smart Governance
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, T. M., & Muhajarah, K. (2024). Evaluasi Pelayanan Petugas Haji Ramah Lansia Tahun 2023 oleh Kantor Kementerian Agama Wilayah Jawa Tengah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 429–442. https://doi.org/10.30868/IM.V7I01.6131
Alamsyah, I. L., Aulya, N., & Satriya, S. H. (2024). Transformasi Media dan Dinamika Komunikasi dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang Ilmu Komunikasi. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 168–181. https://doi.org/10.61722/JIRS.V1I3.554
Anas, K., Nurhayati, W., & Aslichah. (2023). Evaluasi Kebijakan Penyelenggaraan Haji dan Dampaknya Terhadap Pengeluaran Pemerintah Indonesia Tahun 2023. Mutiara: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(1), 170–183. https://doi.org/10.61404/jimi.v1i1.50
Aryesta, A. E., & Selmi, S. (2022). Analisis Strategi Komunikasi KPI Menggunakan Situational Theory of Public Relation. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 11(1), 76–88. https://doi.org/10.35508/jikom.v11i1.5037
Azlan, M., & Pariz, N. M. (2025). Efektivitas Penerapan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 387–393. https://doi.org/10.61722/JEMBA.V2I3.1023
Bamatraf, S. M., Chidayah, P. P. N., & Rustandi, R. (2023). Sistem Pengelolaan Dokumen Perjalanan Ibadah Haji Khusus. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 3(2), 153–170. https://doi.org/10.15575/mjhu.v3i2.41124
Creswell, J. (2015). Riset pendidikan : Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif . Pustaka Pelajar.
Dusra, E., Akbar, M., & Sonni, A. F. (2024). Hubungan Komunikasi Interpersonal Tour Leader dengan Kepuasan Jamaah Haji Khusus Ujas Tour Tahun 2024. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 5(3), 1101–1122. https://ukinstitute.org/journals/ib/article/view/888
Fuadia, N. N. (2020). Peran Psikologi Massa Bagi Pembimbing Ibadah Haji. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 1(1), 91–101. https://doi.org/10.53800/wawasan.v1i1.52
Hafiz, A., Romdaniah, L., & Ramadhoni, M. R. (2022). Efektivitas Digitalisasi Pelayanan Pada Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) dalam Meningkatkan Layanan Haji. Jurnal Manajemen Dakwah, 10(2), 222–252. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jmd/article/view/29171
Hariadi, J., Sazali, H., & Amelia, N. (2025). Islam, Budaya, dan Komunikasi Publik: Sinergi Pemimpin Aceh dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat di Era Digital. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 7(1), 116–126. https://doi.org/10.37364/JIREH.V7I1.390
Harmaini, Y. H. (2023). Peran Komunikasi Organisasi di KBIHU An-Nabawiy Medan dalam Membentuk Kesiapan Jamaah Calon Haji di Kota Medan . Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 1(2), 257–261. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jiksp/article/view/457
Hasanah, A. U., Andaryani, S., Sari, F. H., Dwikurniawati, I. U., & Lestari, D. P. (2024). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital: Tantangan dan Peluang di Pemerintah Daerah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 5228–5235. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V4I5.15469
Ismail, I. (2023). Transformasi Digital Pemasaran Kaffahisme Ekonomi Islam. At-Tasyri’: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syariah, 4(1), 51–62. https://doi.org/10.55380/tasyri.v4i1.420
Iswanto, D., & Miskan. (2025). From Smart City to Smart Village: Akselerasi Transformasi Digital dalam Optimalisasi Pelayanan Publik di Desa Kepatihan Kabupaten Gresik. Contemporary Public Administration Review, 2(2), 170–186. https://doi.org/10.26593/copar.v2i2.8794.170-186
Khairiah, N. (2024). Komunikasi Interaksional Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Pengelolaan Layanan Informasi E-Government di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara [Thesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Khalishaa, N. G., Winata, M. P. T., Yuanif, I., Zahra, R., & Wulandari, P. K. (2025). Peran Network Governance dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 8(8), 1–10. https://doi.org/10.9963/545GRE44
Kohar, W., Efrizal, E., & Basra, S. M. (2022). Dakwah Haji: Psikologi Komunikasi Petugas Haji di Arab Saudi. Al Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 13(1), 50–63. https://doi.org/10.15548/JBKI.V13I1.4276
Kusnawan, A., Rahman, A., Lukman, D., & Dulwahab, E. (2017). Manajemen Mutu Input Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Indonesia. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 277–292. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.2399
Kusuma, H. A. (2024). Hubungan Peningkatan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 6(2). https://doi.org/10.32834/jsda.v6i2.835
Madani, A. D., Taqiyuddin, T., & Santoso, S. (2023). Implementasi Informasi Teknologi (IT) dalam Pengelolaan Pendaftaran Haji Pada KBIH Badrul Munir. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 7(1), 1–6. https://doi.org/10.24235/jiem.v7i1.13303
Masriadi, M., Hasan, K., Andyna, C., & Bahri, R. (2021). Strategi Komunikasi Persuasif Petugas Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang Dalam Memberikan Informasi Pembatalan Ibadah Haji 2020-2021 Pada Calon Jamaah Haji. Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 8(2), 99. https://doi.org/10.37064/jki.v8i2.10726
Naad, D., Nawaf, A., Ginting, A. F., Sazali, H., Azwar, M., & Utami, T. N. (2024). Efektifitas Pelayanan Haji Dan Umroh Dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 6(2), 229–242. https://doi.org/10.24952/tadbir.v6i2.13757
Napitupulu, D., Lubis, M. R., Revida, E., Putra, S. H., Saputra, S., Negara, E. S., & Simarmata, J. (2020). E-Government: Implementasi, Strategi dan Inovasi (T. Limbong, Ed.). Yayasan Kita Menulis.
Pahdi, A., Azmi, M., & Ariannor, W. (2025). Model Aplikasi Sistem Manajemen Data Jamaah Haji Kementerian Agama Kota Banjarbaru. Jutisi : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 14(1), 691–702. https://doi.org/10.35889/JUTISI.V14I1.2670
Pratama, M. R., & Arafah, S. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Experience dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kepuasan Jamaah Haji PT. Rihlah Multazam Al Mubaroqah Medan. BISEI : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 9(2), 101–110. https://doi.org/10.33752/BISEI.V9I2.7572
Purbaningrat, S. H. (2012). Komunikasi Transendental dalam Bisnis Travel Haji dan Umrah di Indonesia. Sosiohumaniora, 14(2), 186. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v14i2.5489
Rachman, S. S. (2019). Evaluasi Penerapan Sistem E-Hajj dalam Proses Pemvisaan pada Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2019 [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Raharjo, D. A. (2015). Komunikasi Interpersonal dalam Pelayanan Publik (Telaah Teoritis pada Pelayanan Pendaftaran Calon Jamaah Haji di Kota Bengkulu). AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 69–83. https://doi.org/10.15548/AMJ-KPI.V0I0.623
Rahayunianto, A. (2020). Pola Komunikasi Pembimbing dan Jamaah dalam Perspektif Humanistik. The Source: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 55–71. https://doi.org/10.36441/THESOURCE.V2I1.301
Rahmawati, N., Wiryany, D., & Meltareza, R. (2023). Menelusuri Makna Tersembunyi: Analisis Hambatan Komunikasi dalam Iklan IM3 “Nyatakan Silaturahmi” di Youtube melalui Perspektif Semiotika Jhon Fiske. Communication & Social Media, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.57251/csm.v3i2.1451
Ramadhani, M. A., & Handoyo, E. (2023). Implementasi Kebijakan Jakarta Smart City dalam Mewujudkan Smart Governance pada Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta. Unnes Political Science Journal, 6(2), 42–47. https://doi.org/10.15294/upsj.v6i2.58254
Rani, S. (2023). Transformasi Komunikasi Dakwah dalam Era Digital: Peluang dan Tantangan dalam Pendidikan Islam Kontemporer. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), 207–216. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.3513
Rantona, S., Solihin, O., & Abdullah, A. Z. (2024). Digitalisasi Komunikasi: Dinamika Teori dan Transformasi di Era Digital. Mimbar Administrasi Fisip Untag Semarang, 21(1), 407–419. https://doi.org/10.56444/mia.v21i1.2162
Razak, A., & Sumanti, S. T. (2023). Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi dalam Penyebaran Informasi Pada Dinas Kominfo Kota Medan. Communication & Social Media, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.57251/csm.v3i1.939
Ridwan, A., Ramlan, A., & Fauzidan, F. (2022). Komunikasi dan Penyiaran Islam dalam Perjalanan Haji dan Umrah. Mabrur: Academic Journal of Hajj and Umra, 1(1), 1–28. https://doi.org/10.15575/mjhu.v1i1.17521
Rohaemi, R., Falah, F., Fauzi, A., & Zohriah, A. (2025). Implementation of Theoretical Study of Situational Leadership Style at the Ministry of Religion Office Institution in Serang Regency. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 8(2), 1396–1411. https://doi.org/10.31943/AFKARJOURNAL.V8I2.1437
Salsabila, Indra Aditya, & Rachmat Ramdani. (2024). Penerapan Smart Government Dalam Mengembangkan Inovasi Smart Village Di Desa Gunung Putri. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 6(1). https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.199
Sinaga, A. R., & Indra, F. (2023). Pola Rekrutmen Kementerian Agama dalam Menentukan Tim Petugas Haji Indonesia Kota Tanjungbalai. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), 999–1004. https://doi.org/10.35870/JIMIK.V4I3.302
Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretatif, Interaktif, dan Konstruktif (Cocok untuk Mahasiswa S1, S2, S3, Dosen dan Peneliti. CV Alfabeta.
Susilawati, F. E., Yanti, R., & Erni, E. (2023). Transformasi Digital Pemerintah (Studi Kasus: Implementasi e-Government dan Hambatannya). Journal Social Society, 3(2), 80–94. https://doi.org/10.54065/jss.3.2.2023.338
Syamsiah, N., & Mukri, S. G. (2024). Digitalisasi Pelayanan Haji: Smart Card Haji, Visa Resmi Menuju Ibadah yang Sempurna. Mecca: Journal of Hajj and Umrah Studies, 1(1), 14–24. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/index.php/mecca/article/view/2988
Wildayati, R. (2019). Optimalisasi Pelayanan Haji dalam Meningkatkan Kepuasan Jamaah. Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah), 17(2), 165–182. https://doi.org/10.15575/anida.v17i2.5061
DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v9i1.11180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Ferry, Syukur Kholil

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under CC BY 4.0


5.png)

.png)
