Pengaruh Prinsip Good Governance dalam Pelayanan Administrasi Surat Izin Usaha Perdagangan pada Kantor Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Enrekang

Lukman Sofyan Haeruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui implementasi prinsip Good Governance pada Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Enrekang, 2) untuk mengetahui efektivitas pelayanan administrasi surat izin usaha perdagangan pada Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Enrekang, 3) untuk mengetahui pengaruh prinsip Good Governance terhadap efektivitas pelayanan administrasi surat izin usaha perdagangan pada Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Enrekang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 400 orang masyarakat yang telah mengurus surat izin usaha perdagangan tahun 2017. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin dan ditentukan sampel sebesar 80 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata persentase implementasi prinsip Good Governance sebesar 70,4% termasuk kategori “baik”, 2) rata-rata persentase efektivitas pelayanan administrasi surat izin usaha perdagangan sebesar 76,44% termasuk kategori “baik”.

Kata kunci: Prinsip Good Governance, pelayanan administrasi, izin usaha.


Full Text:

PDF

References


Hamzah, Onno Sahlania. (2014). Perilaku Birokrasi Pemerintah dalam Pelayanan Puskesmas di Kota Makassar. Jurnal Administrasi Publik, 4(1).

Imtihan, Husnul dan F. Wahyunadi. (2017). Peran Pemerintah dan Partisipasi Masyarakat dalam Perencanaan Pembangunan Daerah. Neo-Bis, 11(1).

Mulyapradana, A. I. L. Aria. (2018). Tata Kelola Administrasi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi di PT . BAM Kabupaten Tegal. Juripol, 1(1), 14–24.

Podungge, R. (2010). Peran Pemerintah Daerah dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Bidang Kesehatan. Inovasi, 7(38), 176–201.

Riyantini, Kurnia dan Agus Triyono. (2016). Pengaruh Kepuasan Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di Sekretariat DPRD Kota Singkawang. Informasi, 46(2).

Sajangbati, Ivonne A.S. (2013). Motivasi, Disiplin, dan Kepuasan Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai PT. POS Indonesia (PERSERO) Cabang Bitung. Jurnal EMBA, 1(4), 667–678.

Serfianus, Achmad Djumlani, D. P. (2014). Perilaku Birokrasi dalam Pemberian Pelayanan Publik. Journal Administrative Reform, 2(3), 1705–1718.

Sesotyaningtyas, M. (2012). Pengaruh Leverage, Ukuran Legislatif, Intergovernmental Revenue dan Pendapatan Pajak Daerah terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Accounting Analysis Journal, 1(1).

Sidanti, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun. Jurnal JIBEKA, 9(1), 44–53.

Suci, Rahayu Puji. (2009). Peningkatan Kinerja Melalui Orientasi Kewirausahaan, Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), 46–58.

Wahyudin, A. (2009). Analisis Hubungan Motivasi, Good Governance terhadap Kinerja Institusi Pendidikan yang Dimoderasi Karakteristik Biografi. Dinamika Akuntansi, 1(1), 14–22.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v3i2.1431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Ilmu-ilmu Sosial

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License