Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Kerjasama di Sekolah Dasar

Yulia Nur Maulida, Karma Iswasta Eka, Cicih Wiarsih

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa kelas IV SD Negeri 3 Karangnanas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa kelas IV SD Negeri 3 Karangnanas melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan tes dan non tes. Data dikumpulkan dengan menggunakan soal evaluasi dan angket untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,0 dengan kriteria cukup baik dan siklus II mengalami peningkatan memperoleh nilai rata-rata 3,6 dengan kriteria baik. Peningkatan juga terjadi pada sikap kerjasama siswa yang datanya diambil dari lembar angket pada setiap siklusnya. Hasil yang diperoleh dari angket menunjukkan sikap kerjasama pada siklus I memproleh skor rata-rata 3,20 dengan kriteria baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 3,63 dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kerjasama siswa.

Kata kunci: Model pembelajaran, Problem Based Learning, berpikir kritis.


Full Text:

PDF

References


Ajria, N.F, B. Ismanto, F. Kristin. (2018). Peningkatan Kerjasama dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1).

Budi, S.S, E.H. Mulyana, R. Respati (2018). Pengembangan Komik Pembelajaran Subtema Bumi Bagian dari Alam Semesta Pembelajaran Satu untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dianawati, N. L. Pt, Pt. N. Riastini, Kt. Pudjawan. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2).

Hartono, M dan J. Hartono. (2018). Efektivitas Pengawasan Model Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1).

Johnson, E. B. (2011). CTL Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.

Rohmawatiningsih, W, I. Rachman, Y. Kodama. (2018). Improving Critical Thinking Skills and Environment Caring Attitude Trough Integrated Environment-Based learning Model. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 69-73.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sianturi, A, T. N. Sipayung, F. M. A. Simorangkir. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 29-42.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wiyani, N. A. (2014). Membumikan pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Ilmu-ilmu Sosial

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License