Pengaruh Brand Image Politeknik Pariwisata Palembang terhadap Minat Calon Mahasiswa

Mustika Permatasari, Muhammad Halfi Indra

Abstract


Minat dari konsumen terlihat dari pandangan dari citra atau image yang melekat pada suatu produk atau perusahaan. Untuk mendapatkan perhatian dari suatu konsumen untuk masuk di perguruan tinggi yang terpenting dilihat dari citra atau image dari suatu produk atau perusahaan tersebut. Pengujian pengaruh  Brand Image dilakukan untuk mengukur minat masuk calon mahasiswa baru di Politeknik Pariwisata Palembang dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Tujuan dari uji yang dilakukan adalah untuk melihat hasil pengaruh Brand Image terhadap minat calon mahasiswa baru. Pada penelitian ini meggunakan metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada pengaruh nilai signifikan dari uji F sebesar 0,000 yang lebih dari kecil dari 0,005, dimana dari variabel bebasnya yaitu Image (X1) dan Informasi (X2) berpengaruh secara serempak terhadap minat calon mahasiswa baru di politeknik pariwisata Palembang. Dimana pada uji regresi linear untuk variabel image ini terhitung 5,649 dengan probablitas 0,000 < 0,005 dan untuk variabel informasi didapatkan 6,254 dengan probablitas 0,000< 0,005 yang mempunyai arti yaitu adanya suatu pengaruh yang signifikan diantara keduanya.

Kata kunci: Brand Image, minat calon mahasiswa, politeknik pariwisata.


Full Text:

PDF

References


Hair, Black, Babin, Anderson, & Tatham. (2006). Multivariate Data Analysis Sixth Edition. New Jersey: Person Education.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Iskandar.(2008). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitaif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Group.

Croes, R. Vanegas. (2008). Cointegration and causality between tourism and poverty reduction. Journal of Travel Research, 47, 95-105.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Freddy, Rangkuti. (2017). Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.2193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mustika Permatasari, Muhammad Halfi Indra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.