Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah melalui Multimedia pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Sejarah

Abdul Haris Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah melalui multimedia. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan terhitung dari 2 September sampai 9 September 2015 di Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian dilaksanakan di kelas Non Reg yang berjumlah 48 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: a) perencanaan; b)tindakan; c)observasi; dan d) refleksi. Peneliti langsung sebagai tenaga pengajar dengan melibatkan dosen bidang studi sejarah sebagai kolaborator. Pada penelitian ini, multimedia sebagai media yang digunakan pada siklus penelitian. Berdasarkan observasi awal, ada keterbatasan dosen menggunakan media pembelajaran menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi. Semoga dengan multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar karena mengandung unsur-unsur tiga demensi yang dapat menghidupkan peristiwa sejarah dalam imajinasi mahasiswa.

Keywords


Action Research; multimedia; strategi belajar mengajar sejarah

Full Text:

PDF

References


A.M., Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo.

Depdikbud Dikmenum. (2003). Penelitian Tindakan: Action Research. Jakarta: Depdikbud.

Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. (1999). Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research. Jakarta: Depdikbud.

De Porter, B., Reardon & Nouril. (1999). Quantum Teaching. Boston: Allyn and Bocan.

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.

Imron, Ali. (1996). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Jaya.

Kuntowijoyo. (1997). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Meier, Dave. (2000). The Accelerated Learning. Bandung: Kaifa

Pintrinch, Paul R dan Dale H. Schunk. (1996). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications. New Jersey: Prentice Hall.

Ramly, Amir Tengku. (2005). Menjadi Guru Idola: Mengajar dari Kedalaman Cinta. Bekasi: Pustaka Inti.

Suciati. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Syah, Muhibbin. (2003 ). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

Sampurna. (2003). Pembuatan Animasi Macromedia Flash 5. Jakarta: Media Komputindo.

Tim Peneliti dan Pengembang Wahana Komputer. (2005). Pembuatan Animasi Web dengan Macromedia Flash. Jakarta: Salemba Infotek.

Wijaya, Didik & Andar Parulian Hutasoit. (2005). Tip dan Trik Macromedia Flash dengan Action Script. Jakarta: PT. Elex Komputindo.

Winkel, W.S. (2006). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v4i1.2575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Ilmu-ilmu Sosial

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License