Perkembangan UMKM pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Sidodadi, Kecamatan Biru-Biru

Milhan Milhan, Dwi Yanti Sahriana, Eka Fatma Ramadhani, Riefdah Ekasari Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan mengkaji apa dampak yang ditimbulkan oleh Pandemi Covid-19 terhadap perkembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode lapangan (wawancara). Langkah-langkah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan oleh pemerintah telah membatasi aktivitas ekonomi, ditandai dengan penurunan permintaan dan mengganggu rantai pasokan. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap sektor UMKM ini tentu sangat berpengaruh besar terhadap kondisi perkenomian Indonesia khususnya di Desa Sidodadi, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Dampak yang ditimbulkan akibat Pandemi Covid-19 yang dihadapi oleh pelaku UMKM dalam meningkatkan usahanya cukup besar seperti menurunnya hasil penjualan, naiknya harga bahan baku, terbatasnya ruang lingkup distribusi, berkurangnya jumlah konsumen, hingga mempengaruhi jumlah produksi yang dihasilkan setiap harinya. Namun, semua permasalahan yang terjadi tersebut bisa terselesaikan dengan beberapa solusi dan strategi yang cukup baik, seperti pelaku UMKM yang memanfaatkan teknologi platform media sosial agar usahanya dapat tetap dapat bertahan di situasi yang sangat sulit ini. Dan pada akhirnya, tantangan yang dikhawatirkan oleh pelaku UMKM dapat dihadapi dengan baik.


Keywords


UMKM; Dampak; Pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Ariyanto, Aris. 2021. Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Sumatera Barat : Insan Cendekia Mandiri

Azizah, Fadilah Nur. 2020. Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 pada Saat New Normal. Vol.5. No(1). ISSN : 2548-6004

Harini, Cicik. 2020. Strategi Pemasaran Kewirausahaan UMKM. Bandung : Media Sains Indonesia

Marlinah, Lili. 2020. Peluang dan Tantangan UMKM dalam Upaya Memperkuat Perekonomian Nasional Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid-19. Vol.22. No(2)

Permadi, Agni Hikmah., dkk. 2020. Bisnis UMKM di Tengah Pandemi. Surabaya : Umitomo Press

Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Kecil Mikro dan Menengah di Indonesia : isu-Isu Penting. Jakarta : LP3ES

Wahyuningsih, Sri. 2009. Peran UKM dalam Perekonomian Indonesia. Vol.5. No.1




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v5i0.4204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Milhan Milhan, Dwi Yanti Sahriana, Eka Fatma Ramadhani, Riefdah Ekasari Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.