Meningkatkan Aktivitas Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Penerapan Strategi Injeksi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 028228 Binjai TP 2016/2017

Diakoni Ginting

Abstract


Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang mempersiapkan anak didik menjadi warga negara yang baik berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sehingga menumbuhkan dan  memiliki mental yang baik untuk dapat melaksanakan kegiatan pembangunan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara khusus adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa Kelas IV SD Negeri 028228 Binjai dengan menggunakan strategi Injeksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, sedangkan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini berupa kegiatan guru, aktivitas belajar siswa, respons siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan hasil evaluasi belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi/pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil evaluasi menunjukkan terdapat kenaikkan yang tuntas belajar dari 25 siswa (65,79%) pada pra tindakan menjadi 30 siswa (78,95 %) pada Siklus I, dan menjadi 33 siswa (86,84%) pada Siklus II. Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami penurunan dari 13 siswa (34,21 %) pada pra tindakan menjadi 8 siswa (21,05%) pada Siklus I, dan menjadi 5 siswa (13,16%) pada Siklus II.

Kata kunci: Strategi injeksi, aktivitas belajar, ilmu pengetahuan sosial.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Materi Pelatihan Terintegrasi Pengetahuan Sosial, Buku 1. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Hamalik, Oemar. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Ischak. (2002). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa.

Miarsa, Yusufhadi. (1995). Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Teknologi Pembelajaran. Malang: IPTPI.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nazir, Moh. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rachman, Saiful, Yoto, Syarif Suhartadi, Suparti. (2006). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC Bekerjasama Dengan Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur.

Soetomo. (1993). Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Yayasan Jati Diri Bangsa. (2008). Membangun Kembali Jati Diri Bangsa. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Zaini, Hisyam, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. (2004). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v2i1.664

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Diakoni Ginting

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

MUKADIMAH: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Ilmu-ilmu Sosial

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License