Ahok dan Habib Rizieq Shihab dalam Isu Foto Hoax: Opini PGI dan HKBP di Kota Medan

Fakhrur Rozi, Rizky N. Firman

Abstract


Kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada tahun 2016 menjadi isu nasional dan menimbulkan pro-kontra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif yang bertujuan mendeskripsikan kasus penistaan agama di media sosial yang melahirkan opini mayor dan opini minor di masyarakat. Artikel ini menguraikan opini minoritas lebih pada ormas agama Kristen tentang foto hoax Ahok dan Habieb Rizieq Shihab yang beredar di Instagram dengan Teori Spiral Keheningan. Penelitian ini menghasilkan temuan: Pertama, opini mayoritas terhadap foto hoax pada akun @aganharahap terkait mengakibatkan opini minoritas cenderung bungkam. Kedua, PGI dan HKBP menyadari sebuah foto hoax Ahok dan Habib Rizieq Shihab tidak memiliki unsur kebencian dan tidak perlu dikhawatirkan. Ketiga, bentuk perlawanan opini minoritas terlihat dalam Aksi Seribu Lilin untuk Ahok.

Kata kunci: Opini publik, foto hoax, Instagram.


Full Text:

PDF

References


Agan Harahap, Seniman Ahlinya “Manipulasi Foto.” (2014). Retrieved September 27, 2017, from https://hot.detik.com/art/2719114/agan-harahap-seniman-ahlinya-manipulasi-foto

Ardianto, & Elvinaro. (2012). Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Harian Pikiran Rakyat dan Harian Kompas sebagai Public Relations Politik dalam Membentuk Branding Reputation Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(21). https://doi.org/10.1002/9781119208501.ch9

Budiman, A. (2017). Berita Bohong (Hoax) di Media Sosial dan Pembentukan Opini Publik. Retrieved September 27, 2017, from http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-IX-1-I-P3DI-Januari-2017-181.pdf

Dahlgren, P. (2003). Reconfiguring Civic Culture in the New Media Milieu. In Media and the Restyling of Politics (pp. 151–170). Retrieved from http:

Haryanto, S. (2015). Sosiologi Agama. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hennessy, B. (1954). A Case Study of Intra-Pressure Group Conflicts: the United World Federalists. Journal of Politics, 16(1), 76–95. https://doi.org/10.2307/2126339

Heriyanto, T. (2015). Jutaan Akun Instagram Ternyata Dikendalikan Robot. Retrieved September 27, 2017, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150707165310-185-64989/jutaan-akun-instagram-ternyata-dikendalikan-robot?

“Hoax” seputar kasus Ahok, FPI, 4 November. (2016). Retrieved November 3, 2016, from https://www.bbc.com/indonesia/trensosial-37843842

Kopko, K. C. (2012). Religious Identity and Political Participation in the mennonite Church USA. Politics and Religion, 5(2), 367–393. https://doi.org/10.1017/S1755048312000077

McLuhan, E. (2008). Marshall McLuhan’s Theory of Communication. Global Media Journal, 1(1), 25–43. Retrieved from http://www.doaj.org/doaj?func=fulltext&aId=407419

Morrisan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nasrullah, P. (2015). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Newsom, T., & Kruckeberg. (2000). This is PR, The Realities of Public Relations. Belmont: Wadsworth.

Nimmo, D. (2000). Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Noelle-Neumann, E. (2008). The Spiral of Silence. In R. West & L. Turner (Eds.), Pengantar Teori Komunikasi : Analisis dan Aplikasi (3rd ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Olii, H. (2007). Opini Publik. Jakarta: Indeks.

Pidato di Kepulauan Seribu dan hari-hari hingga Ahok menjadi tersangka. (2016). Retrieved November 17, 2016, from http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-37996601

Saputra, R. M. (2017). OPINI: Fenomenan Hoax di Era Digital. Retrieved September 27, 2017, from http://www.klikbontang.com/berita-11036-opini-fenomenan-hoax-di-era-digital.html#page2

Sudibyo, A. (2001). Media Politik dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: LKiS.




DOI: https://doi.org/10.30743/mkd.v2i1.670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Fakhrur Rozi, Rizky N. Firman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.