IMPLEMENTASI NILAI-NILAI ETIKA EKONOMI ISLAM DALAM PRAKTIK CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) BADAN USAHA

Bella Mutiara Kasih, Surya Sukti

Abstract


Dalam dinamika bisnis modern, Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan menjadi aspek strategis dalam pengelolaan usaha. CSR mencakup kontribusi positif perusahaan terhadap kesejahteraan sosial, pelestarian lingkungan, dan pembangunan ekonomi berkelanjutan. Ekonomi Islam, dengan prinsip-prinsip syariah yang menekankan keadilan, transparansi, kejujuran, dan larangan merugikan pihak lain, memiliki relevansi yang kuat untuk diintegrasikan ke dalam praktik CSR. Tujuan utama CSR sejalan dengan nilai-nilai etika ekonomi Islam, yaitu menciptakan keseimbangan antara perolehan keuntungan dan kepedulian terhadap masyarakat serta lingkungan. Meskipun penerapan CSR semakin meluas, kajian mendalam terkait implementasi prinsip etika Islam dalam praktik CSR masih terbatas. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan nilai-nilai etika ekonomi Islam dalam pelaksanaan CSR pada badan usaha. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis kualitatif deskriptif, melalui pengumpulan data dari buku, artikel ilmiah, dan sumber relevan lainnya. Data dianalisis dengan membandingkan konsep dari berbagai literatur untuk menemukan kesamaan, perbedaan, dan implikasinya. Hasil kajian diharapkan memberikan kontribusi terhadap pengembangan model CSR yang selaras dengan prinsip syariah, memperkuat reputasi perusahaan, dan mendukung keberlanjutan usaha.

Keywords


CSR, Ekonomi Islam, Etika Bisnis, Tanggung Jawab Sosial

Full Text:

PDF

References


Harni, Mustaqim, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Perusahaan Kalla A Group of Companies), Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2023

CSR Menurut Perspektif Alquran, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume 3 Nomor 4 Tahun 2023 Page 1617-1633, Prodi Hukum Ekonomi Syariah Stisnu Nusantara Tangerang

Busyra Azheri, Corporate Social Responsibility, Jakarta: Rajawali Pers, 2012

Edi Suharto, Pekerjaan Sosial di Dunia Industri, Bandung: Alfabeta, 2007

Nasution, H. Ekonomi Islam: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Gema Insani, 2009

Al-Qardhawi, Y, Fiqh al-Mu'amalat al-Maliyah al-Islamiyah. Cairo: Dar al-Shuruq, 2000

M. Ma'ruf, I, Etika Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015

Al-Qur'an. (n.d.). Al-Qur'an Al-Karim

An-Najjar, M. A, The Role of Corporate Social Responsibility in the Development of Islamic Economy. International Journal of Economics and Finance Studies, 8(2), 2016

Kamali, M. H, Principles of Islamic Jurisprudence. Islamic Text Society, 2002

Haneef, M. A, Islamic Business Ethics: A Reflection of Islamic Values in Business Practices. Journal of Islamic Economics, 5(2), 2009

Zubair, M., & Mubeen, R, Corporate Social Responsibility in Islamic Perspective: An Overview. Asian Journal of Business Ethics, 3(1), 2014

Muhammad, A. Islamic Ethics in Business: A Conceptual Approach. International Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 1(1), 2015.




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v5i2.11889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bella Mutiara Kasih, Surya Sukti

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License