PENGARUH WORD OF MOUTH, CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA BPRS GEBU PRIMA MEDAN

Raju Adha, Ahmad Adib Nasution, Abu Bakar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa hal yaitu pengaruh Word of Mouth keputusan pembelian jasa, pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan pembelian jasa, pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian jasa, dan pengaruh Word of Mouth, citra perusahaan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian jasa pada BPRS Gebu Prima Medan. Teknik penelitian yang digunakan melalui teknik nonprobability sampling. Sampling yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria responden menjadi nasabah BPRS Gebu Prima Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket (kuesioner) dan teknik analisis data menggunakan SPSS (Statistical Package For The Sosial Sciences) untuk menguji empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Variabel Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusaan pembelian jasa pada BPRS Gebu Prima Medan, didasarkan pada hasil uji t sebesar, nilai thitung sebesar 2.206 > ttabel 1,677, hal ini berarti semakin tinggi Word of Mouth maka akan meningkatkan keputusan nasabah membeli jasa pada BPRS Gebu Prima Medan. 2) Variabel Citra Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusaan pembelian jasa pada BPRS Gebu Prima Medan, didasarkan pada hasil uji t sebesar, nilai thitung sebesar 2.568 > ttabel 1,677. Hal ini berarti semakin baik citra perusahaan BPRS Gebu Prima Medan maka akan meningkatkan keputusan nasabah membeli jasa pada BPRS Gebu Prima Medan. 3) Variabel Kepercayaam berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusaan pembelian jasa pada BPRS Gebu Prima Medan, didasarkan pada hasil uji t sebesar 3.709 > ttabel 1,677. Hal ini berarti semakin baik tinggi kepercayaan nasabah terhadap BPRS Gebu Prima Medan maka akan meningkatkan keputusan nasabah membeli jasa pada BPRS Gebu Prima Medan. Variabel word of mouth, citra perusahaan dan kepercayaan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah membeli jasa pada BPRS Gebu Prima Medan. Hal ini didasarkan pada hasil uji F (Fhitung > Ftabel = 47.008 > 2.807).


Full Text:

PDF

References


Astri Dhiah Maharani, Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang, Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang, 2010

Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Al-Aliyi, Diponegoro, Bandung, 2006

Didik Harjadi dan Fatmasari Dewi, WOM Communication Sebagai Alternatif Kreatif dalam Komunikasi Pemasaran Vol4, No 8 2008

Dimas Suhendra Syahri Ramadhan, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Dalam Pembiayaan Murabahah Pada BMT Al- Aqobah Pusri Palembang, Skripsi, UIN Raden Patah, Palembang, 2017

Fandy Tjiptono, Service Marketing Esensi & Aplikasi, Marknesis, Yogyakarta, 2009

Farhana Aprilia Irfa’i, Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menabung di Bank Jatim Cabang Syariah Kediri, Skripsi, IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2016

Hasan Alwi [et.al], Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2007

Hasan, Word Of Mouth Marketing sebagai Bauran Komunikasi Pemasaran. Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis. Vol. 6 No. 2 tahun 2008

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2016

Lupiyoadi dan Hamdani, Manajemen Pemasaran Jasa Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta, 2006

Morissan AM, Metode Penelitian Survei, Kencana, Jakarta, 2015

Muhammad Arif, Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Fastfood Indonesia Store KFC Raja Medan, Jurnal Ilmiah Maksitek, 1(1), 12–19, 2016

Muis MR & Fahmi M, Pengaruh Promosi dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Nasabah, Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(3), 1–13. 2017

Nanang Martono, Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Rajawali Pers, Jakarta, 2011

Reza HH, Hakim Idris, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Konsumen Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada Go-Ride di Kota Bandung), 2017

Septiyan Hudan Fuadi, Pengaruh Kualitas Produk, Layanan, dan Nilai Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Surya Abadi, Tesis, STAIN Ponorogo, Ponorogo, 2015

Shofiatul Awaliyah, Pengaruh Merek, Kualitas Produk, Kualitas Layanan,dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Khimar Simpel di Toko BY KK Ponorogo, Skripsi, Universitas Muhammadiyah, Ponorogo, 2017

Sudarso A, Manajemen Jasa Perhotelan (Dilengkapi dengan Hasil Riset pada Hotel Berbintang di Sumatera Utara), Yogyakarta: Deepublish, Yogyakarta, 2016

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta, Bandung, 2016

Suharyadi dan Purwanto, Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Salemba Empat, Jakarta, 2011

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Rosda, Jakarta, 2002

Ummi Sholihah, Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Kualitas Pelayanan dan Margin Keuntungan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah, Skripsi, IAIN Surakarta, Surakarta, 2016

Wahyu Tri Yuliastuti SA, Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasbah Pada Produk Pembiayaan Mudharabah di BMT Surya Mandiri Mlarak Ponorogo, Skripsi, STAIN Ponorogo, Ponorogo, 2013




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v2i2.4737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License