ANALISIS PENGARUH EMOTIONAL MARKETING DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT ONLINE PADA LAZ DT PEDULI SUMATERA UTARA

Santi Arafah, Jeroh Miko

Abstract


Zakat merupakan hal penting bagi sumber dana tetap dan potensial berbasis sosial yang dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan umum bagi seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional marketing dan pelayanan terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat online pada laz dt peduli medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan 86 muzakki di LAZ DT Peduli Sumatera Utara. Teknik sampelnya berupa nonprobablity sampling dengan pemakaian purposive sampling yang di analisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa emotional marketing dan pelayanan berpengaruh positif signifikan. Variasi faktor berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda bahwa variabelmemotional marketing dan pelayanan mampu menerangkan variasi financial inclusion sebesar 90,3%, Sedangkan sisanya sebesar 9,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.


Full Text:

PDF

References


Algifari. (2000). Analisis Regresi Teori, Kasus dan Solusi. BPFE.

Arafah, S. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Syariah di PT. Unilever, TBK. Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 2(2).

Arafah, S., & Sembiring, E. A. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Dengan Pemakaian Metode Perpektual Terhadap Penggunaan Aplikasi Quickbooks Accounting System (Studi Kasus UD. Rizky assila ULFA). Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 3(2).

ARAFAH, S., & TANJUNG, Y. (2019). Analisis Faktor Determinan Yang Mempengaruhi Pemakaian Metode Jit (Studi Kasus UD. Pusaka Bakti). Bisei: Jurnal Bisnis Dan Ekonomi Islam, 4(01).

Ghozali, I. (2005). Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode penelitian kuantitatif aplikasi dalam pendidikan. Deepublish.

Husaini Usman, R. (n.d.). Purnomo Setiady Akbar. 2011. Pengantar Statistik, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Iqbal, M. (2013). Pelayanan yang memuaskan. Elex Media Komputindo.

Juwandi, H. I. (2004). Kepuasan pelayanan jasa. Erlangga. Jakarta.

Kalsum, U., & Munawaroh, R. R. S. (2017). Pengaruh Emotion Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko HR Elektronik Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Keuangan, 7(1), 67–75.

Kasdi, A. (2016). Model Pemberdayaan Wakaf Produktif Di Indonesia. ZISWAF: Jurnal Zakat Dan Wakaf, 1(1), 1–15.

Lubis, N., Silalahi, A. D., & Irama, O. N. (2022). Analisis Dana Zakat Produktif Sebagai Modal Usaha Mikro Pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3303–3310.

Nopiardo, W. (2019). Perkembangan Peraturan Tentang Zakat di Indonesia. JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 18(1), 65–76.

RIDHO, M. (2022). OPTIMALISASI PENYALURAN ZAKAT MELALUI PROGRAM “EKONOMI SUMUT MAKMUR” PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) SUMATERA UTARA.

Rini, E. S. (2016). Pengaruh Experential dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan di STIKOM Bali. SISFOTENIKA, 6(2), 158–169.

Sardini, S., & Imsar, I. (2022). PERAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK DI BAZNAS PROVINSI SUMATERA UTARA. CERMIN: Jurnal Penelitian, 6(1), 64–77.

Sari, E. K. (2006). Pengantar Hukum Zakat dan Wakaf,. PT.Grasindo.

Sari, E. K. (2010). Perkembangan pengelolaan zakat di Indonesia. In Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam (Vol. 3, Issue 1).

Sujarweni, V. W. (2016). Kupas tuntas penelitian akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.

Winarno, W. W. (2009). Analisis ekonometrika dan statistika dengan eviews. Yogyakarta: Upp StIM YKpN, 201.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v3i2.6745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Santi Arafah, Jeroh Miko

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License