Analisis Kualitas Produk, Layanan Dan Marketing Terhadap Minat Masyarakat Pada BMW Tamwil Ummi Desa Harapan Makmur Bagan Batu Riau

Dina Prantika, Ahmad Adib Nasution, Arifa Pratami

Abstract


Perkembangan ekonomi pada saat ini terutama mengenai keuangan syariah yang semakin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu lembaga keuangan syariah adalah Baitul Maal Wat Tamwil merupakan lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip syariah yang berperan penting terhadap masyarakat juga mengembangkan ekonomi berbasis islam di zaman modern dengan sistem bagi hasil dan akad sesuai dalam hukum islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Layanan, dan Marketing terhadap Minat Masyarakat Baitul Maal Wat Tamwil UMMI. Penelitian menggunakan data primer dimana data dikumpulkan langsung dari hasil observasi, wawancara, kuesioner dan data skunder dari pihak perusahaan yang memiliki populasi sebanyak 200 nasabah dengan sampel sebanyak 96 nasabah, menggunakan cara purposive sampling dengan jenis penelitian Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif, Layanan berpengaruh positif, Marketing tidak berpengaruh dan Pengaruh Kualitas Produk, Layanan dan Marketing terhadap Minat Masyarakat Baitul Maal Wat Tamwil Ummi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Masyarakat Baitul Maal Wat Tamwil UMMI. 


Keywords


Kualitas Produk, Layanan dan Marketing terhadap Minat Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Alma.Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. (Bandung:Alfabeta.2004)

Amstrong.dkk. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi keduabelas. Jilid I. Terj. Imam Nurmawan, (Jakarta:Elangga,2001)

Anshori, Ghofur, Abdul.(2008) Kapita seleta perbankan syariah di Indonesia. yogyakarta : UII Press.

Azizah Nur. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah BMT Al-Birry di Kabupaten Pinrang. Institute Agama Islam Negeri Parepare

Bahri. Syaiful. Djamarah.dkk. Strategis Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta,2002

Basrah Saidah.2012. Pengaruh Kualiatas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia

Butterick, Keith.(2014) Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press.

Dirjend Urusan Agama Islam dan Pembinaan syariah, UU RINo.33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal,(Jakarta : Dirjend Bimbingan Masyarakat Islam, 2015). Bab I, Pasal 1, Ayat 1-3, 3-4

Herdiana.Nana. dkk. Manajemen Strategi Pemasaran. (Bandung pustaka Setia, 2018)

Huda. dkk. (2010). Lembaga Keungan Islam. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri

Hutagalung Juliasty Sofia. (2020) Analisis Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Minat Membaca Masyarkat di Kabupaten Tapanuli Tengah dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal. Program Magister Manajemen Universitas Terbuka. Tapanuli Tengah.

Karim, Adiwarman A.(2014). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler.2004. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Impementasi dan Kontrol, Edisi Sebelas. Jakarta:PT. Prenhallindo.

Kotle.Philip. Manajemen Pemasran: Analisis, Perencanaan dan Pengendalian. Jilid 1. Terj. Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga.2006

Mamang Sangadji, dkk. (2013).Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Marimba.Ahmad.D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. (1989)

Manan, Abdul.(2012).Hukum Ekonomi Syariah: Dalam Perfektif Kewewenangan Peradilan Agama.Jakarta:PT. Fajar Interpratama Mandiri

Muhammad. (2008). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo

Mujahiddin, Akhmad.(2016). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Morissan, Metode Penelitian Survey, (Jakarta : Kencana, 2012) hlm.15

Nabella Yasmin Eka. (2021). Analisi Strategi Pemasaran Pada Produk Pembiayaan Murabahah di BMT Surya Mandiri Mlarak Dalam Meningkatkan Keunggulan Komperatif. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponogoro.

Purnomo Sidi Agus. Pengaruh Kulitas Produk, Kualitas Layanan dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal. STIE Asia Malang. 2018

Poerdarminat.W.J.S, Kamus Umum bahasa Indonesia, (Jakata: Balai pustaka,1980)

Prayetno Dwi.(2010) Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Jakarta

Rahmat, Y, Akbar. (2019) Pemasaran Terintegrasi Untuk Meningkatkan Minat Masyarakat Dalam Menabung Di Bank Syariah. Jurnal. Universitas Muhamadiah Riau.

Rodani, dkk. (2008) Lembaga Keuangan Syaria. Jakarta: zikrul hakim

Rofiullah Hendra Ahmad. (2022). Analisis Strategis Peningkatan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Produk-Produk Baitul Mal Wattamwil (BMT) Nahdatul Ulama Kabupaten Bondowoso. Jurnal. Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso.

Rohima. (2020) Pengaruh Kulitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Pembiayaan Murabahah Pada BMT Al-Aqobah Pusri Palembang. Palembang

Sugiono. (2015). Metodologi Penelitian Kombinasi ( Mix methods). Bandung: Alfabet

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N (2010) Metode Penelitian Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya:Bandung.

Sukron.Kamil. (2016). Ekonomi Islam, Kelembagaa,dan Konteks Keindonesiaan dari Politik Makro Ekonomi Hingga Realiasasi Makro. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Soemitra, Andri.(2010). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah . Jakarta :Pranada Media Group

Syah.Muhibbin.Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Terbaru. Bandung: Rosdakarya, 2010.

Yamit, Zulian. (2005) Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonist

Zainuddin,Ali (2010). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta: Sinar Grafika

Zhang. 2012. Kepuasan Pelanggan. Jilid I.Makassar.




DOI: https://doi.org/10.30743/mutlaqah.v3i2.7211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dina Prantika, Ahmad Adib Nasution, Arifa Pratami

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah

MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License