UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

Riansyah Rijal

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode eksperimen pada materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SDN Percobaan Medan yang berjumlah 37 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu menyajikan data dan menarik kesimpulan. Indikator keterlaksanaan pembelajaran ditentukan berdasarkan skor ketuntasan minimal sebesar 75%, dengan skor maksimum sebesar 100%. Berdasarkan hasil analisis data dan refleksi pada setiap siklus, diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa pada saat pretes sebesar 38,10 dengan ketuntasan klasikal 2,70%. Setelah pelaksanaan pembelajaran pada Siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 61,62 dengan ketuntasan klasikal 40,54%. Pada Siklus II, nilai rata-rata mencapai 86,7 dengan ketuntasan klasikal 89,18%. Hasil observasi pada Siklus I menunjukkan skor 75 dengan nilai rata-rata 3,75 dan kriteria baik (B). Pada Siklus II meningkat menjadi 80 dengan nilai rata-rata 4,0 dan kriteria sangat baik (SB).

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amri, Sofan. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2000). Media Pengajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Yrama Widya.

Bundu, Patta. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Deden. (2022). Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Dalam Pelajaran Benda Terapung, Melayang, dan Tenggelam Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Tahun Pelajaran 2021/2022.

Depdiknas. (2006). Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Endang Sri Wahyuni. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.

Fitrianingtyas, A., & Radia, A. H. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model discovery learning siswa kelas IV SDN Gedanganak 02. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6), 708–720. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/ejmp/article/view/141

Hamzah, B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, V. U., Suwanto, S., & Rambe, R. N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Literasi Sains Dengan Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(1), 174. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.33185

Hendawati, Y., & Kurniati, C. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Pada Materi Gaya dan Pemanfaatannya. Metodik Didaktik, 13(1). https://doi.org/10.17509/md.v13i1.7689

Huda, M. (2015). Pengajaran dan Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Ciputat: PT Gaung Persada Press.

Kemala Rosa. (2006). Jelajah IPA. Jakarta: PT Yudhistira.

Muhibbinsyah. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Munandar, dkk. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135

Nurbaeti, R. U., & Sunarsih, D. (2020). Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Kurikulum 2013 untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 109–116. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1626907

Oma. (2021). Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Pengaruh Gaya dalam Mengubah Gerak Suatu Benda. Jurnal Pedagogiana, 8(84). https://doi.org/10.47601/AJP.33

Pawero, D., & Vangino, A. M. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1), 42. https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sagala, Saiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: PT Alfabeta.

Samatowa, Usman. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sardiman, A. M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v9i1.11680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING:


         





Publisher:

Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .