ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SEKOLAH ( STUDI PADA SISWA KELAS XI DI BIMBINGAN PENA PELAJAR )

sanimah sanimah, sri wahyuni

Abstract


Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang sangat penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran fisika, terutama dalam memecahkan permasalahan-permasalan yang membutuhkan alternatif pemecahan yang lebih mendalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MAN di Bimbingan Pena Pelajar pada mata pelajaran fisika di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN di Bimbingan Pena Pelajar yang bersekolah di tempat yang sama dengan jumlah subjek 20 siswa. Teknik pengambilan data dengan angket kemampuan berpikir kritis siswa yang dikembangkan dengan framework Norris – Ennis. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis pada indikator melakukan tanya jawab merupakan indicator paling tinggi yang dimiliki siswa dengan persentase 95%. Sedangkan terdapat nilai yang hampir sama pada indikator mengumpulkan informasi dan menilai kredibilitas sumber sehingga indicator ini dapat dikatakan pada tingkat sedang. Indicator Kemampuan berpikir kritis terendah yang dimiliki siswa terdapat pada indicator ke 4 yaitu menilai informasi dengan persentase terendah 25%.

 

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, siswa MAN, matapelajaran Fisika


Full Text:

PDF

References


Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. UAD Journal Management System, 10(1), 1–11. https://core.ac.uk/download/pdf/295346641.pdf

Husnah, M. (2017). Hubungan Tingkat Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 1(2), 10–17.

Khairunnisa. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Smpn 3 Paringin Pada Mata Pelajaran Ipa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA,” 185–192.

Magdalena, I., Hasna Aj, A., Auliya, D., & Ariani, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vi Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Cipete 2. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 153–162. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Norrizqa, H. (2021). Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA, 147–154.

Purwanto, J. P., & Winarti, W. (2016). Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 8–18. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1148

Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11445


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.