“GRUP KRITIS” MEMBANGUN TPACK (TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE) CALON GURU DI MASA PANDEMI

Yuswa - Istikomayanti, Elita Mega Selvia Wijaya

Abstract


ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini menjabarkan hasil pengetahuan pedagogik mahasiswa dalam aspek TPACK serta peranan “Grup Kritis” selama pelaksanaan praktik lapang mahasiswa calon guru. Dalam program PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) di masa pandemi ini juga menemui beberapa kesulitan, yakni ketidaksiapan calon guru menghadapi pembelajaran transisi antara daring dan tatap muka terbatas. Penelitian studi kasus pada mahasiswa calon guru dilakukan dengan pemberian angket, wawancara dan observasi serta analisis dokumen rencana pembelajaran. Dengan penerapan ”Grup Kritis” mahasiswa calon guru berbasis Lesson Study (LS) membentuk komunitas belajar yang cukup sinergis. Aspek TK, PK, dan CK mahasiswa tercapai dalam taraf cukup,  dan aspek TCK, TPK, PCK dan TPACK dalam taraf  baik. Dengan penerapan grup kritis memberikan manfaat untuk mahasiswa, guru pamong serta dosen pendamping dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam perencanaan pembelajarannya.

Kata kunci: Kolaborasi, Lesson Study, Mahasiswa Calon Guru, TPACK


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Aminullah, Chandra, F., & Fitriani, N. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19. Maspul Journal of Community Empowerment, 3, 21–26.

Harris, J. B., & Hofer, M. J. (2011). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Action. Journal of Research on Technology in Education, 43(3), 211–229. https://doi.org/10.1080/15391523.2011.10782570

Harris, J., & Hofer, M. (2009). Instructional planning activity types as vehicles for curriculum-based TPACK development. Research Highlights in Technology and Teacher Education 2009, 2009(2), 99–108. http://activitytypes.wmwikis.net/file/view/HarrisHofer-TPACKActivityTypes.pdf

Hashona, A. H. (2016). Kajian Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Iain Walisongo Semarang. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(2), 333. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i2.232

Hidayat, A. (2019). Developing and Validating A Technological Pedagogical Content Kknowledge (TPACK) Instrument For Secondary Pysics Preservice Teachers In Indonesia. Unnes Science Education Journal, 8(1), 31–40.

Istikomayanti, Yuswa; Lathifah A.S.; Mitasari Z. (2019). Collegiality as a Key for Improving Students Success in Lesson Study Practices. International Conference on Mathematics and Science Education, 3(1), 184–196. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Jauhari, A. (2011). MEMBANGUN KINERJA MAHASISWA PLP MELALUI POLA LESSON STUDY. 172–178.

Kemendikbud. (2017). Penyiapan Calon Guru Melalui Pendidikan Profesi.

Lathifah, A. S., Istikomayanti, Y., & Mitasari, Z. (2021). Kepercayaan Calon Guru Sebagai Faktor Keberhasilan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 9–18. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i1.2477

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610

Nursyifa, A., Rahmadi, I. F., & Hayati, E. (2020). TPACK Capability Preservice Teachers Civic Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 15. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.17982

Putri, R. E. R., Zufriady, Z., & Mulyani, E. A. (2022). Analisis Dampak Proses Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Pgsd Fkip Universitas Riau. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(1), 21. https://doi.org/10.31258/jta.v5i1.21-42

Rohartati. (2022). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 8(1), 249–258.

Schmidt, D. A., Thompson, A. D., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): The Development and Validation of an Assessment Instrument for Preservice Teachers. CIE 2014 - 44th International Conference on Computers and Industrial Engineering and IMSS 2014 - 9th International Symposium on Intelligent Manufacturing and Service Systems, Joint International Symposium on "The Social Impacts of Developments in Informat, 42(2), 2531p.

Wahyono, P., & Sudiran, Marhan Taufik, N. (2020). Panduan Pengenalan Lapang Persekolahan Daring.

Yardley, L. (2017). Demonstrating the validity of qualitative research. Journal of Positive Psychology, 12(3), 295–296. https://doi.org/10.1080/17439760.2016.1262624




DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v6i1.5589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.