PENILAIAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY

Sugiarti Sugiarti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan psikomotor siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika materi fluida statis.  Adapun aspek psikomotorik yang diamati mengacu pada model pembelajaran inkuiri terbimbing yaitu mengajukan pertanyaan atau masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, melakukan percobaan untuk memperoleh data, mengumpulkan dan menganalisis data, serta membuat kesimpulan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi keterampilan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian rata-rata keterampilan psikomotor siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri diperoleh dengan kategori baik. Rata-rata kemampuan psikomotor siswa meningkat pada setiap pertemuannya pada pertemuan pertama sebesar 2,2, kemudian 2,4 pada pertemuan kedua dan 2,6 pada pertemuan ketiga.

Full Text:

PDF

References


Brickman. Peggy. 2009. “Effect of inquiry Based on learning on students science literacy skills and confidence”. International journal for the scholarship of teaching and learning. Vol. 3, No. 2.

Firman, H. 1995. Penilaian Hasil Belajar dan Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia UPI.

Herliani, Elly dkk, Penilaian Hasil Belajar untuk Guru SMP. PPPTK IPA. Bandung. 2009.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Balai Pustaka.

Ibrahim, M. 2012. “Pembelajaran Inkuiri”. Makalah disajikan pada Diklat Nasional, Surabaya.

Kauchack, P. Donald and Eggen, D Paul. 1996. Strategies for Teacher. Teaching Content and Thinking Skills. United States of America: Allyn and Bacon.

Kuhlthau. C. et al (2007) Guided Inquiry: Learning in the 21st Century. Westport, CT: Libraries Unlimited.

National Research Council. 2000. Explore Inquiry and the National Science Education Standard A Guide for Teaching and Learning. Washington, DC: National Academic Press.

National Research Council. 2001. Inquiry and the National Science Education Standards: a Guide for teaching and learning. The National Academy of Science: USA.

Orlich. Donald C. Harder, Robert J. Callahan, Richard C Gibson Harry W.1998 Teaching Strategies. A Guide to Better Instruction. New York: Houghton Mifflin Company.

Priansa, Donni Juni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ryan, D.C. (1980). Characteristics of Teacher. A Researh Study: Their description, comparation and appraisal. Washington DC: American Council Education.

Sani. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Slavin, R. E. 2009. Educational Psychology: Theory and Practice. Ninth Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Sugiarti. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Guided Inquiry dengan Aplikasi Moodle di SMA Negeri 15 Surabaya Pada Materi Penerapan Listrik DC dan AC. Prosiding Seminar Nasional MIPA: UNSRI

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v2i1.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.