ANALISIS MISKONSEPSI SISWA KELAS XII IPA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan serta mendeskripsikn miskonsepsi yng terjadi pada materi usaha dan energi. Beberapa hasil penelitian terdahulu menunjukkan adanya beberapa miskonsepsi pada materi usaha dan energi yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal. Miskonsepsi merujuk pada suatu konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah yang diterima oleh para ahli. Permasalahan miskonsepsi tidaklah mudah untuk diselesaikan. Metode yang digunakan adalah dengan metode research. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat kuesioner yang berisi tentang konsep-konsep usaha dan energi yang nantinya akan dijawab oleh siswa mengenai kebenarannya. Pengumpulan data ini dilakukan pada kelas 12 IPA di SMA Swasta Teladan Sei Rampah. Konsep-konsep fisika yang tertanam pada siswa harus benar secara ilmiah dan sesuai dengan konsep-konsep fisika yang ada sehingga tidak mengalami kesulitan pada saat terdapat soal khususnya tentang usaha dan energi.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Identifikasi, usaha dan energi
Full Text:
PDFReferences
Ismail I. I.,Samsudin, A.,Suhendi, E., &Kaniawati, I. (2015). Diagnostik miskonsepsi melalui listrik dinamis four tier test. prosiding simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 381-384
Maison, M., Syahrial, Syamsurizal, & Tanti. (2019). Learning environment, students’ beliefs, and self- regulation in learning physics: Structural equation modeling. Journal of Baltic Science Education, 18(3), 389–403.
Irwansyah, Sukarmin, Harjana. (2018). Analysis Profile of Student Misconceptions on The Concept of Fluid Based Instrument Three-Tier Test. Journal of physics:conf.series 1097. 1-8. https://doi.org/10.1088/17426596/1097/1/012020
Suana, W. (2014). Mengungkap miskonsepsi mekanika mahasiswa calon guru fisika semester akhir pada salah satu universitas di Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 15(1), 1–8.
Berek, F. X., Sutopo, S., & Munzil, M. (2016). Concept enhancement of junior high school students in hydrostatic pressure and archimedes law by predict-observe-explain strategy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 230-238. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.6038
Suparno, Paul. 2005. Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta : Grasindo.
Trianto 2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, strategi dan implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmad, S. W. (2018). Identifikasi miskonsepsi materi usaha dan energi menggunakan CRI pada siswa SMA di Bondowoso. Seminar nasional pendidikan fisika 2018, 3, 6-13
Maison, lestari, N., Widaningtyas, A. (2020). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi usaha dan energi.
DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v9i1.8366
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING:
Publisher:
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .






