ANALISIS PERSEPSI GURU IPA TERHADAP IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL HUDA TANAH MERAH
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Chelsya, C., & Wirianata, H. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). YUME: Journal of Management, 5(3), 387-401.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.
Nelisma, Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Perpektif Manajemen Pendidikan Islam. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 158-172.
Kinicki dan R, Kreitner. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat
Supianto, A., Matsum, J. H., & Rosyid, R. (2014). Persepsi Guru IPS Terhadap Kurikulum 2013 (Studi Kasus Pada SMP Negeri 10 Pontianak). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8).
Simamora, L. (2015). Pengaruh persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).
Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi IPS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence: Journal of Management Studies, 12(2).
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi guru terhadap pembelajaran daring di sekolah dasar negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177-182.
Rugaiyah, A. S. (2011). Profesi Keguruan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zahrawanny, V. P., & Fitria, N. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Manfaat Paud Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 21-29.
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: C.V Andi. 2017).
Maslamah, M. (2019). Studi Tentang Persepsi Stakeholders Terhadap Prodi Magister Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 120-120.
Yamin, M., & Syahrir, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran), Jurnal Ilmiah Mandala Education Volume 6. Universitas Pendidikan Mandalika, 2020.)
Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), hal. 69
Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000), hal.44
Juita, D., & Yusmaridi, M. (2021). The Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 20-30.
DOI: https://doi.org/10.30743/pascal.v8i1.9290
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING:
Publisher:
Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan, Sumatera Utara, Indonesia
E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .






