ANALISIS PERSEPSI GURU IPA TERHADAP IMPELEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI YAYASAN PONDOK PESANTREN NURUL HUDA TANAH MERAH

Effendi Effendi, AR Sinensis, T Firdaus, M Rohmah

Abstract


Proses pendidikan terutama dalam pembelajaran terus mengalami kemajuan, terlebih pada saat model pembelajaran yang telah beralih dari offline menjadi online khususnya pada saat terjadi peristiwa covid pada tahun 2019. Pendekatan pembelajaran ini memiliki dampak positif dan negatif. Efek positifnya adalah perlindungan pelajar dari paparan langsung virus Covid-19, sementara efek negatifnya adalah potensi penurunan kualitas intelektual pelajar akibat kurangnya pengawasan langsung dari guru atau dosen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Persepsi Guru IPA Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Tanah Merah yang telah dilaksanakan selama ini. Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pentingnya sosialisasi tentang kurikulum meredeka secara masif dan terus menerus kepada semua pihak yang ada di tingkat satuan pendidikan, sehingga implementasi kurikulum dapat dilakukan secara baik sesuai dengan harapan. Ada beberapa faktor yang menjadi hambatannya yaitu, perlunya peningkatan sarana prasarana yang memadai, perlunya peningkatan mutu sumber daya manusia gurunya dengan memperbanyak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi guru, pentingnya konsistensi sekolah dalam menggunakan kurikulum.

Full Text:

PDF

References


Chelsya, C., & Wirianata, H. (2022). Persepsi Mahasiswa terhadap Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). YUME: Journal of Management, 5(3), 387-401.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Nasution, S. W. (2022). Asesment kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135-142.

Nelisma, Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Perpektif Manajemen Pendidikan Islam. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 158-172.

Kinicki dan R, Kreitner. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Supianto, A., Matsum, J. H., & Rosyid, R. (2014). Persepsi Guru IPS Terhadap Kurikulum 2013 (Studi Kasus Pada SMP Negeri 10 Pontianak). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8).

Simamora, L. (2015). Pengaruh persepsi tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(1).

Anggila, W. (2022). Persepsi Guru Bidang Studi IPS dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000)

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap pelayanan perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence: Journal of Management Studies, 12(2).

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi guru terhadap pembelajaran daring di sekolah dasar negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177-182.

Rugaiyah, A. S. (2011). Profesi Keguruan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Zahrawanny, V. P., & Fitria, N. (2021). Persepsi Orang Tua Tentang Manfaat Paud Terhadap Dukungan Menyekolahkan Anak Di Lembaga Paud. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), 21-29.

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta: C.V Andi. 2017).

Maslamah, M. (2019). Studi Tentang Persepsi Stakeholders Terhadap Prodi Magister Pendidikan Agama Islam. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(2), 120-120.

Yamin, M., & Syahrir, Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran), Jurnal Ilmiah Mandala Education Volume 6. Universitas Pendidikan Mandalika, 2020.)

Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016), hal. 69

Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000), hal.44

Juita, D., & Yusmaridi, M. (2021). The Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 20-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.