PENGARUH LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Kartika Nurcahyati, I Wayan Distrik, Ismu Wahyudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh LKS berbasis inkuiri terbimbing materi elastisitas dan hukum Hooke terhadap hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan desain quasy experimental dengan teknik pengambilan data purposive samping. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Mesuji semester genap tahun ajaran 2016/2017 pada kelas IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IPA 2 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis melalui uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing materi elastisitas dan hukum Hooke terhadap hasil belajar siswa secara signifikan yang ditunjukkan nilai sign. ≤ 0,05.

Full Text:

PDF

References


Maretasari, E., Subali, B., & Hartono. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 1(2), 27-31.

Dezricha, Fanni, R., & Rohati. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 96-109.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Abelta, G. A. 2017. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar melalui Pemahaman Konsep. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2), 93-104.

Purnamasari, R. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan LKS Pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 5 (3), 13-17.

Wahyuni, R., Hikmawati, & Taufik, M. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2 (4), 164-169.

Iryani, Mawardi, dan Andromeda. 2016. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Siswa untuk Materi Koloid Kelas XI SMAN 1 Batusangkar.Jurnal Eksakta, 1(1), 82-89.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Srtifikasi Guru. Jakarta: Raja Gratindo Persada.

Rustaman, N. Y. (2005). Perkembangan Penelitian Berbasis Inkuiri dalamPendidikan Sains. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Himpunan Ikatan Sarjada dan Pemerhati Pendidikan IPA Indonesia Bekerjasama dengan FPMIPA UPI, tanggal 22 Juli 2005. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Fisika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sumatera Utara

E-mail: pascal@fkip.uisu.ac.id

Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

 

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.