MENENTUKAN PRIORITAS PELAYANAN HOTEL ISTANA XII DI ERA COVID 19 MENGGUNAKAN METODE AHP (ANALITICAL HIERARCHY PROCCES)

Jurnatan Syah Mnr

Abstract


Industri perhotelan saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam melengkapi pariwisata, karena menyediakan akomodasi untuk wisatawan yang menginap. Hotel sebagai sarana akomodasi yang merupakan kebutuhan vital para pelancong selain sebagai fasilitas yang menyedikan jasa penginapan, juga sebagai penunjang perjalanan wisata. Pandemi corona melumpuhkan berbagai industri, khususnya perhotelan dan penerbangan. Banyak perbatasan internasional yang ditutup. Bahkan beberapa wilayah menerapkan jam malam, pandemi akan mempengaruhi kinerja sektor perhotelan selama 4-6 bulan. Tingkat huniannya akan berkurang 25-50% year on year pada semester awal 2020. Berdasarkan hasil pengolahan data yang sudah dilakukan dapat dilihat bahwa bobot kriteria utama yang mempunyai bobot terbesar adalah kriteria protokol kesehatan layanan kontak fisik dengan bobot 57,5% kemudian pada Fasilitas covid 19 dengan bobot sebesar 42,5%, sedangkan pada bobot subkriteria terhadap alternatif 4 merupakan bobot tertinggi dengan nilai bobot 44% dan pada subkriteria terhadap alternatif 2 merupakan bobot terendak dengan nilai bobot sebesar 30,07%.

Keywords


Hotel; Prioritas Pelayanan; Covid 19; Analytical Hierarchy Process

Full Text:

PDF

References


. Agus Sulastiyono, 2002, Manajemen Penyelenggaraan Hotel, Edisi Pertama, Bandung, Penerbit CV Alfabeta.

. Dita Monita, 2013, Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process, Pelita Informatika Budhi Darma, ISSN: 2301-9425 Vol.3, No.2, April 2013

. Mulyono, S. 2004. “Riset Operasi”. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

. Nasution, M.N. 2004. Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. Bogor: Ghalia Indonesia.

. Saaty, T.L. 1991. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

. Sutopo dan Suryanto, A. 2006. Pelayanan Prima. Jakarta : Lembaga Administrasi Negara – Republik Indonesia

. Sylvia Hartati Saragih, 2013, Penerapan Metode Analitycal Hierarchy process Pada Sistem Pendukung Keputusan pemilihan laptop, Mahasiswa program Studi Teknik Informatika STMIK budi Darma, Medan

. Toni Wijaya, 2011, Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta. PT INdeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnatan Syah Mnr

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License