PENENTUAN WAKTU STANDAR KERJA MEKANIK PERAWATAN BERKALA SEPEDA MOTOR HONDA CV. PON SERVIS SINGKIL

Witri Gunarsih, Suliawati Suliawati, Luthfi Parinduri

Abstract


Pengukuran waktu kerja adalah salah satu alat yang dapat digunakan perusahaan untuk menghitung produktivitas kerja para pekerjanya. Semua gagasan dan kebijakan yang diambil untuk usaha meningkatkan produktivitas tanpa dikaitkan dengan penanaman modal atau kapital seperti halnya penerapan proses mekanisme/otomatisasi semua fasilitas produksi dengan tingkat teknologi yang lebih canggih. CV. Pon Servis merupakan bengkel Honda di Kabupaten Aceh Singkil yang dapat melayani servis motor Honda terkait servis ringan, ganti oli rutin, ganti ban dan velg, ganti subraker, rem/ cakram, lampu dan lainnya. Proses perawatan mengandalkan tenaga-tenaga teknisis dalam mengerjakan perawatan suatu kendaraan, meskipun demikian untuk mengerjakannya dibutuhkan juga alat-alat sebagai pendukung perawatan kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan waktu standar yang dibutuhkan setiap mekanik dalam menyelesaikan setiap pekerjaan pada perawatan berkala sepeda motor Honda Matic di 1000km. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisa, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi dilapangan dan data-data yang ada, kemudian diolah, dianalisa dan diproses lebih lanjut menggunakan Metode Stopwatch Time Study dengan dasar-dasar teori yang dipelajari dan dijadikan sebagai bahan penelitian dan pembahasan sehingga pada akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan yang dapat digunakan sebagai dasar untuk memberikan saran yang terbaik. Hasil akhir penelitian, dapat disimpulkan bahwa waktu standar dari pekerja I yaitu 820,96 detik, pekerja II yaitu 1.013,7 detik, dan pekerja III yaitu 998,75 dan dalam perhitungan waktu standar yang dilakukan berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa waktu standar terpilih dalam sekali pengerjaan adalah pekerja I yaitu 820, 96 detik dalam pengerjaan satu unit sepeda motor.


Keywords


Sepeda Motor; Waktu Standar; Mekanik; Perawatan; Stopwatch

Full Text:

PDF

References


. Lindley R. Higgis & R..Keith Mobley, 2002. Maintenance Engineering Handbook, Edisi ke-6, McGraw-Hill, New York.

. Rinawati, id. Dkk. 2012. Penentuan Waktu Standar Dan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Pada Produksi Batik Cap (Studi Kasus: Ikm Batik Saud Effendy, Laweyan). Jurnal Teknik Industri. Universitas Diponegoro. Vol VII, No 3, September 2012

(https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/4536).

. Stevenson, W.J., Chuong, S.C, 2014. Manajemen Operasi Perspektif Asia, Edisi 9, Salemba Empat and MC Graw Hill Education, Jakarta.

. Sutalaksana, Dkk, 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

. Sunyoto Danang dan Wahyudi Danang, 2011. Manajemen Operasional, Caps, Yogyakarta.

. Sandi, L. 2016, Perawatan Sepeda Motor Matic. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin. Universitas Mercu Buana, Jakarta.

(https://docplayer.info/55206905-Bab-iv-pelaksanaan-dan-pembahasan-beberapa-pengertian-perawatan-dapat-diuraikan-sebagai-berikut.html)

. Setiawan, ac dan Octavia, T., 2015, Upaya Peningkatan Output Produksi di PT. X. Jurnal Titra, Vol.3, No 1, Januari 2015, pp. 57-62

(http://publication.petra.ac.id/index.php/teknikindustri/article/view/2983/2688)

. Wignjosoebroto, S, 2008, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

. Wignjosoebroto, S, 1995, Ergonomi Studi Gerak dan Waktu, Edisi Pertama, PT. Guna Widya, Surabaya.

. Wardana, Hasbi, 2018, Analisis Menurunkan Waktu Stagnasi Waiting For Service Terhadap Total Lead Time Service Kendaraan Pelanggan Daihatsu Undergraduate thesis, Universitas 17 Agustus 1945.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Witri Gunarsih, Suliawati Suliawati, Luthfi Parinduri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License