UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI DASAR LAUT MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD PADA SISWA KELAS IX-1 SMP NEGERI 1 MERANTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rosida Sinaga

Abstract


Penelitian Ttindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD bagi siswa kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian tindakan partisipan dimana peneliti bekerja sama dengan guru kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Yang terdiri dari 34 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan Model Cooperative Learning Tipe STAD bagi kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi siswa Kelas IX-1 SMP Negeri 1 Meranti. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari siklus 1 hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada siklus 1 ketuntasan prestasi belajar siswa baru mencapai 85%, nilai rata-rata 78.67. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 97%, nilai rata-rata 83.38. Meningkatnya nilai siswa ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada materi dasar laut ada peningkatan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

-----------. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta,

Annurahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Crow, Lester D., and Alice Crow. (1958). Educational Psychology, New York: American Book Company.

Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Solihatin, E. (2008). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara.

Lie, A. (2005). Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas, Jakarta: Gramedia.

Slavin, R. E. (2003). Cooperative Learning, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Sudijono, A. (1996). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar BaruAlgesindo.

Suryanegara, A. M. (1998). Menemukan Sejarah. Bandung; Mizan.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v1i1.3599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rosida Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License