PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS TIK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMPULKAN ISI BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN PAUH

Widiana Saputri

Abstract


Pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dilaksanakan dengan adanya perubahan karakteristik peserta didik generasi mileneal menjadi karakteristik generasi z, istilah yang mewakili generasi abad 21.  Teks berita adalah teks yang menyampaikan informasi yang memiliki unsur 5w+1h yaitu what, where, when, who, why, danhow. Berdasarkan  observasi awal, siswa kelas VIII SMPN Pauh mendapatkan permasalahan terkait menyimpulkan isi teks berita sehingga dibutuhkan media berbasis TIK. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas VIII B SMPN PauhTahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 28 siswa. Penelitian ini memiliki 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian di kelas VIII BSMP Negeri Pauh, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berbasis TIK dapat meningkatkan hasil belajar menyimpulkan isi teks berita. Hal ini ditunjukkan dengan persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus I secara klasikal mencapai 36% (10 siswa). Sedangkan persentase pencapaian ketuntasan hasil belajar pada siklus II adalah 100% (28 siswa).Secara keseluruhan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Selain itu, hasil pengamatan menunjukkan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan aktif. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa penggunaan media berbasisi TIK dinilai berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menyimpulkan isi teks berita pada siswa kelas VIII SMPN Pauh.

Keywords


Media Berbasis TIK; peningkatan hasil belajar; menyimpulkan isi berita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama widya.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis (Panduan untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa). Yogyakarta: Andi Offset

Ikhsan, Muhammad. 2015. Pembelajaran Berbasis TIK. www.slideshare.net /IkhsanIAIN/pembelajaran-49154129

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Padmono, Y. 2010. Kekurangan dan kelebihan, Manfaat Penerapan PTK. Online: edukasi.kompasiana.com.

Rohmadi, Muhammad dan Sri Nugraheni. 2011. Belajar Bahasa Indonesia Upaya Terampil Berbicara dan Menulis Karya Ilmiah. Surakarta: Cakrawala Media

Trianto, Agus, dkk. 2018. Buku Peserta didik Bahasa Indonesia Kelas VIII. Jakarta : Kemdikbud.

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30743/jetcivil.v1i2.4453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Widiana Saputri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Islam Sumatera Utara
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/jetcivil
Email: jetcivil@fkip.uisu.ac.id

Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License